Vina si Burung Camar

vina burung camar

Kemarin, dalam acara penutupan Rakor penyusunan Business Plan 2010 diisi dengan acara nyanyi-nyanyi bersama dengan teman-teman kantor. Pak Bos punya ketentuan, kalau lagu yang dinyanyikan harus lagu nostalgia. Katanya biar saya punya bahan untuk posting (ha..ha.. memang terlalu lama blog ini tidak ter-up date). Lagu yang paling laris dinyanyikan adalah lagunya Broery Marantika. Sedangkan Pak Bos sendiri memilih lagu Vina Panduwinata yang berjudul “Biru”. Saya mengenal lagu Vina tersebut, karena memang punya 2 (dua) keping CD The Very Best of Vina Panduwinata yang sering saya putar di sela-sela menyelesaikan tugas kantor atau perkuliahan.

Masakecildulu hanya lagu Kumpul Bocah-nya Vina Panduwinata yang saya hapal. Bahkan sekarang saya pajang di Page : Kumpul Bocah. Siapa Vina Panduwinata?

Nama panjangnya Vina Dewi Sastaviyana Panduwinata, atau lebih populer dengan nama Vina Panduwinata. Ia adalah salah satu penyanyi senior yang mendapat sebutan sebagai diva musik pop Indonesia.

Puluhan albumnya telah menjadi legenda musik Indonesia, diawali album pertamanya Java dan Single Bar (1978) dan setahun kemudian merilis Sorry Sorry dan Touch Me (1979). Lewat albumnya Burung Camar (1985), namanya semakin bersinar. Lagunya dengan judul yang sama dalam album tersebut menjadi icon dirinya, dengan sebutan Vina si Burung Camar. Sampai sekarang icon itu tersemat pada dirinya.

Dalam perjalanan sebagai penyanyi, Vina yang juga ibu dan suami dalam keluarganya, memiliki keteguhan sikap dalam memegang prinsip. Tak heran jika dirinya mampu menjalankan profesi sekaligus sebagai ibu rumah tangga dengan sinergis. Tidak ada gossip miring tentang kehidupan pribadinya. Pada sebagian besar album-album lagunya dapat dikatakan sebagai cerminan seasana keluarganya, seperti Cinta (1986), Cium Pipiku (1987), Surat Cinta (1988), Rasa Sayang itu Ada (1991), Bahasa Cinta, (Duet dengan Broery), Aku Makin Cinta (1995), Vina 2000 (2000), Bawa Daku  (2001) dan Vina for Children (2002).

Terakhir Vina bersama komposer Adie MS menggelar konser Viva Vina (2006) dan beberapa saat kemudian merilis The Best Vina yang berisi lagu-lagu hitnya dari 1981-2006. Perjalanan panjang bermusik Vina menjadi lengkap saat Anugerah Musik Indonesia (AMI) memberi penghargaan Lifetime Achievement 2006. Vina mendapatkan penghargaan tersebut atas dedikasi dan prestasinya sepanjang hidupnya yang diperuntukan bagi musik.

Anda punya kenangan dengan lagu-lagu si Burung Camar ini?

28 comments on “Vina si Burung Camar

  1. ridhobustami says:

    “Lewat albumnya Burung Camar (1985)”

    tampak belum muncul kedunia ini sayah….. tapi sampai saya umuran sd taon 90an lagu nya mbak vinamasih akrab ditelinga..
    bener apa ngak yah.. kata orang lagu dulu lebih “lama umurnya”…==> msudnya lebih awet di pendengar nya gituh

  2. nakjaDimande says:

    allow sekar, kangen niyh lama ga kesini

    si Burung camar yang centil, yang bibirnya suka dimonyong2in tapi teteup cantik 😀

    bundo 5 hari yll baru aja posting lagu “Aku Melangkah Lagi” nya vina.. bagi bundo vina itu seperti om chrisye alm yang lagu2nya sudah jadi soundtrack kehidupan sejak jaman kecil sampe sekarang, lagunya tak pernah usang..

    semuanya lagunya adalah kenangan masa remaja bundo **duh sekar bikin bundo terkenang-kenang begini 🙂

  3. nadjeeb says:

    Kali waktu comment di buku tamu postingan ini lagi ditulis yach :-), ada tuch balasan commentnya di ‘saponin’

  4. abrus says:

    Vina Panduwinata … memang populer dgn *siburung camar … seperti WS Rendra … terkenal dgn *siburung merak…

    Kalau disebut *nama burung itu … semua orang pasti tahu..!
    Kalo eyang ku dikampung dulu top dgn burung perkututnya … hehehe 😀

  5. Rizal says:

    Berkunjung Sekar …

    salam hangat selalu …

  6. zfly says:

    Udah versi mobile nih blog Sekar, keren.
    Vina… Suaranya oke, lagu yg ada kesan yg ada lirik “pak pos melayang di udara”, surat cinta ya.. 🙂

  7. selamat malam
    wah sebelum ada KD
    aku tuh fans beratnya vina sama titi dj lho heheh…
    salam hangat selalu

  8. adipati kademangan says:

    Si burung camar ini memang sangat memikat dan menjadi idola dulu. Saya senang mendengarkan lagu-lagunya. Serasa kembali ke masa lalu

  9. septa says:

    hmmm lama tak berkunjung kesini…

    numpang baca aja ya mbak..

    salam

  10. hmm si burung camar idola mami ku… he he he 😀

    salam kenal ya

  11. Abdi Jaya says:

    saya suka lagu burung camar, benar benar easy listening

  12. Triunt says:

    “Burung camaaaar terbang bermain di derunya air…..”

    Loh ini kan laginya Iwan fals…
    salam kenal 😀

  13. RitaSusanti says:

    Saya juga suka lagu-lagunya Vina, hampir semua lagu Vina tuh easy listening dan penuh semangat.

    Salam kenal mba Sekar,saya link yah blognya. Terima kasih.

  14. selamat malam sahabat
    salam hangat selalu
    semangat y

  15. Joddie says:

    ha..ha.. aku suka banget ama penyanyi ini, aku masih ada loh beberapa kasetnya, peninggalan dari bapakku dulu.. suaranya khas banget euy.. tak tergantikan..

  16. tary ayk says:

    nyokap ngefans banget sama si burung camar,yg aku suka lagu surat cinta kl gk salah judulnya.

  17. muamdisini says:

    saya kira kalo lagu yang pas untuk “masakecildulu” lagu2 seperti Eno Lerian, Trio Kwek-Kwek, Susan dan Kak Ria…

    hehehehehe…

    piss ah….

  18. zulhaq says:

    vina p, masih eksis hingga kini 🙂

  19. neilhoja says:

    hehe… kurang terlalu kenal ama lagu2 mba vina…

    ga terlalu suka musik si, 😀

  20. mampir. , salam knal. . 😀

  21. kupatahu28 says:

    Itu gambar nya qo gelap amat ya…

  22. thepenks says:

    kalau lagu lagu lawas saya suka lagunya ebiet g ade..enak-enak semua lagunya..

  23. julie says:

    halo sekar
    salam kenal 😀

  24. yos says:

    lama ngga update nie…
    ayo semangat…semangat…

  25. adityahadi says:

    salah satu penyanyi yang kutu salut sampai saat ini, tak pernah ada gosip, hanya berita baik yg terdengar …

    n pastinya banyak sekali yg menjadikannya inspirasi, keep going tante Vina ^^

  26. gamaletno says:

    hai boleh knl gak?salam kenal ya

  27. arman says:

    maaf izin share video klip band indie…..

  28. Lagi seneng juga dengerin lagu2 lawa Vina saya beberapa hari ini

Leave a comment