Laura..oh…Laura

littlehouse

 gambar diambil dari sini

Masih ingat Laura Ingalls, dalam film seri yang diputar di TVRI dulu? Hari minggu setelah acara Dari Arena dan Juara saatnya diputar film “Little House on the Prairie”. Waktu itu belum ada TV selain TVRI, bisa jadi film ini ditonton oleh sebagian besar pemirsa TV (kalau tidak salah, TPI pernah memutar ulang film ini).

Film seri yang diangkat dari buku karangan Laura Ingalls Wilder ini, selalu mengajarkan arti pentingnya perjuangan. Hidup itu harus berjuang dalam bentuk apa pun. Tantangan selalu ada, tak pernah berhenti. Itu yang paling mengagumkan dari Laura dan saudara-saudaranya.

Kisah yang disajikan dalam “Little House on the Prairie”  itu pula yang membuatku pertama kali mengenal dengan baik negeri empat musim, termasuk bagaimana imigran pertama kali datang ke Amerika.

Film seri ini agak berbeda dengan cerita di buku (kalau penasaran, bisa kok beli di Gramedia).  Kisahnya dimulai dari perpindahan keluarga Ingalls dari kediaman mereka, di Big Woods yang terletak di Wisconsin AS, yang terdiri 5 orang anggota keluarga, dengan Charles Ingalls sebagai kepala keluarga, ibu Caroline (Laura dan saudara-saudaranya memanggil mereka dengan sebutan Pa dan Ma), kemudian ketiga anak perempuan mereka Mary, Laura dan si bungsu Carrie.

Perjalanan mereka cukup lama, sampai berbulan-bulan akhirnya mereka menemukan sebuah padang rumput (prairie) yang baik untuk tempat tinggal. Padang rumput tersebut dilalui sebuah sungai, di sinilah keluarga Ingalls ini membangun rumah. Dan mereka mulai bersosialisi dengan pemukim lain yang ternyata juga menetap di sekitar prairie. Dimulailah cerita-cerita seru Laura. Ada dokter Baker, bu Harriet Olesen yang galak dan sebagainya.

Anda punya kenangan dengan Laura, gadis berkepang dua ini?

23 comments on “Laura..oh…Laura

  1. Abdul Cholik says:

    Saya pernah ke Tucson-Nevada-USA.Disitu ada bekas lokasi shooting film ini.Kami sempat berfoto ria dengan menggunakan kostum era itu yang disewa seharga $3.Disitu juga dipertontonkan adegan-adegan perkelahian oleh peraga dengan kostum jaman itu.Lokasinya masih bagus dan dijadikan tempat wisata.

    Maju terus dengan artikel2 yang bermanfaat

    Salam

  2. saya juga ingat pernah nonton film ini dulu
    tapi, kok sekarang udah agak2 lupa juga ya cerita2nya.
    masa itu, kalau nggak salah saya masih duduk di SD.
    salam.

  3. edward says:

    yg mana ya?? waktu kecil2 ingetnya satria baja hitam😆 haha..

  4. bsekar says:

    @ bunda, kata mama sy dia suka nonton film ini. klo sy cuma baca bukunya aja😛

    @ edward, nggak tau ya? saammmaaa!!!🙂

  5. Abdul Cholik says:

    Itu lho tentang cerita kehidupan keluarga yang beranak 3 orang,rukun,apik,sederhana.Kadang ada juga rasa cemburu diantara suami-isteri namun dikemas secara apik.Sayangnya Michael Landon pemeran bapak sudah meninggal dunia karena sakit.

    Yang menayangkan film seri itu TVRI,karena hanya itulah satu-satunya stasiun yang ada waktu itu.Saya dah gede gimblah-gimblah bersama seorang isteri dan 2 orang anak he..he..he.

    Tepatnya sekitar tahun 1980an.Makanya Bunda masih SD,tapi saya sudah Kapten.Itu menandakan saya sudah tuwir walau hobby ngeblog.Alhamdulillah.

  6. trieand says:

    aku malah ga pernah tau ttg film itu, mami juga ga pernah cerita mba.. btw bukunya ada ya… maklum pas tayang aku blom lahir neh.. hehe.. taunya ya dora emon ma sinchan.. hehehe…

  7. zulhaq says:

    kalo di lihat dari tulisan pertulisan, halaman per halaman, lw benar2 mengingatkan kembali pada masa masa saat itu!!!
    jaman siaran pedesaan hi hi hi….

  8. deltapapa says:

    wah, kayaknya seumuran saya ibu ini

  9. naufal says:

    masa kecil penih kenangan…indah…dan…indah

    minyakbuluscounter.com

  10. Blogodolar says:

    Saya gak ingat…yang saya suka sekarang adalah Cinta Laura yang suka bechek itu🙂

  11. Den Mas says:

    yah, habis😀
    kalo ini asli nggak ingat, lha whong dulu belum punya tipi😀

    salut deh non/neng/mbak/jeng sekartaji atas ide blognya. keren2. kapan2 aku review deh blog ini. sekarang aku link dulu yah di blogku.
    bener-bener inspiratif🙂

  12. Den Mas says:

    aku link di sini yah jeng/non/neng/mbak sekartaji😀

    http://gaweanu.wordpress.com/silaturrahim/

  13. upilkelabu says:

    waaaah.. aku suka sekali kisahnya si Laura. Hidupnya seru… bikin es mambo pake salju yang dikasih sirup gula… ke Gereja hari Minggu, ke tokonya Nellie terus di hari Sabtu mandi sore bergantian…

    aku punya beberapa judul bukunya. Sampe cerita Laura udah nikah sama Alonzo. Ada juga cerita tentang si Alonzo waktu kecil..

  14. searra says:

    mohon dibantu ya..dulu ada bintang tamu aktor anak2 nama dalam film, kris…dia datang dari kota cuma singgah, gak lama, ( biasanya ngobrol ama laura, and rambutnya pirang…siapa sih nama aslinya….tengkyu ya…

  15. Penggugah inspirasi akan sebuah perjuangan untuk maju….

  16. nichola030794 says:

    Ayo pecinta Laura Ingalls, gabung di grup FB , kita share semua tentang Laura Ingalls🙂
    http://www.facebook.com/groups/penggemarbukulauraingals/

  17. sigit says:

    Jadi kangen masa kecil, aku nontonnya di tv tetangga, krn brlum pya tv 😊

  18. nur rohmah says:

    Aku lg inget film ini search ternyata ada yg mbahas
    Episode yg membekas:
    1. Sepatu kaki palsu: jd waktu itu ada temennya laura cacat, kakinya pendek sebelah dia minder sampai menyalahkan keadaan…….akhirnya dibikinin sepatu sama papanya laura yg solnya lebih tebel dari pasangannya nah pas dipake jadnya bisa jalan normal lg
    2. Mamnya laura kena luka lalu diobatin sendiri pake arang besi, saking g adanya medis kla itu
    Waktu itu usiaku antara 6 – 10 tahun sekarang 36 dulu sih bnyak g fahamnya inget inget sekarang, ooooh ternyata maksud film ini begini…

  19. lnn says:

    Serial tv yg sangat hebat. Penuh perjuangan. Ada semangat, suka, duka, cinta dan kesedihan. I love them very much…jadi rindu masa kecil sama mak bapakku di teluk air, tanjung balai karimun, riau

  20. Budi says:

    Film ini menghantarkan tidur siangku saat aku masih kecil dulu…penuh inspirasi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s