Bermain Balon Sabun, Yuk!

gambar diunduh di sini

Siapa yang belum pernah bermain balon sabun? Hampir semua anak pernah bermain balon sabun. Di masakecildulu saya membuatnya dari sabun cuci dilarutkan air, kemudian dengan bantuan sedotan, saya celupkan di cairan sabun kemudian ditiup dan muncullah balon udara. Senang sekali rasanya bisa membuat balon sabun. Kini, tidak perlu repot-repot membuat cairan sabun, karena cairan balon sabun dijual di keramaian kota.

Balon sabun adalah film tipis dari air sabun dengan permukaan warna-warni. Balon sabun biasanya cuma bertahan beberapa detik kemudian buyar sendiri atau karena menyentuh benda lain. Kulit balon sabun terdiri dari lapisan tipis air yang terjebak di antara dua lapisan molekul, biasanya sabun. Balon sabun terbentuk karena permukaan cairan (biasanya air) memiliki tegangan permukaan, yang menyebabkan lapisan itu elastis. Namun balon yang dibentuk dari cairan saja tidak stabil dan sabun biasa dilarutkan di dalamnya untuk membuat balon stabil.

Balon sabun yang ditiupkan di udara dengan suhu di bawah −15 °C akan membeku ketika menyentuh sebuah permukaan. Udara di dalamnya akan keluar secara perlahan melalui proses difusi, sehingga akhirnya balon tersebut menciut. Pada suhu di bawah −25 °C, balon akan membeku di udara dan dapat pecah ketika jatuh ke tanah.

Berikut ini ada cara membuat balon sabun  berwarna pink atau biru dengan menggunakan tinta yang mudah dihapus sehingga tidak meninggalkan bekas saat balon mendarat dan pecah ke benda lain. Cara ini akan menjadi murah kalau dibuat dalam skala besar.

  • Campur deterjen dan air. Deterjen itu bisa sabun cuci buat baju atau piring.
  • Tambahkan sodium hidroksida dan larutan indikator secukupnya. Agar warna terlihat jelas, campur lebih banyak larutan indikator. Setiap liter larutan balon membutuhkan 1 – 1/2 sampai 2 sendok teh phenolphthalein (warna merah) atau thymolphthalein (warna biru).
  • Tambahkan sodium hidroksida sampai larutan terlihat berwarna (sekitar setengah sendok teh). Sedikit lebih banyak sodium hidroksida akan membuat warna lebih bertahan lama.
  • Sebagai tambahan encerkan dahulu larutan indikator dengan alkohol sebelum dicampur dengan larutan sabun. Sekaligus juga masukkan sodium hidroksida. Bisa juga membuat balon-balon sabun itu terus berwarna sebelum mendarat. Saat balon itu mendarat dan pecah, warna akan hilang. Buzz! Caranya adalah dengan menambahkan sedikit minuman soda.
  • Kalau punya tinta yang bisa hilang, bisa ditambahkan kedalam larutan sabun.

24 comments on “Bermain Balon Sabun, Yuk!

  1. mamah aline says:

    wah tips yang bagus, pantesan bikin gelembung sabun gak berhasil ternyata harus menambahkan sodium hidroksida dan indikator, makasih ya

  2. Triunt says:

    Waduh, kalo gw maenan kayak gini tar pada bilang masa kecil gw kagak bahagia dong.
    tar dipraktekin kalo udah punya anak deh, hehe😆

  3. nakjaDimande says:

    dulu sewaktu kecil bundo main tiup balonnya pake hasil remasan daun bunga raya, hasilnya lebih bagus karena balonnya lebih tahan lama tidak mudah pecah.

  4. kawanlama95 says:

    wah aku kadang2 bigung alias mikir kok bisa ya kepikiran nulis gini, aku sendiri nga pernah kepikir nulis gini. aku salut . hebat. sepertinya latar belakang nya kimia juga neeh

  5. Joddie says:

    he.he… udah posting lagi nih??? mantap euy.. main gelembung dulu ah…

  6. muamdisini says:

    hahaha..senang main bola sabun…

    sekarang sudah mulai trend lagi kok mba…semenjak spongebb bermain bola sabun…

    hufhhhh,,,

  7. adipati kademangan says:

    saya membuat balon air itu dengan dicampur daun-daun kembang sepatu. hasilnya juga tahan lama kok

  8. chesya rindu says:

    Bola sabun asyik juga…!

  9. zulhaq says:

    eh, sampe gede juga masih suka iseng main kok

    *pengakuan dosa*

  10. yos says:

    jadi ingety masa SD, hehehe

  11. sifafa says:

    inget masa kecil dulu

  12. adityahadi says:

    kayaknya di masakecildulu cuma nyampurin deterjen or sabun cuci piring gt ama aer, udah dinikmati aja deh walaupun gampang ancur, hee. klo gak beli di abang2 deh

    hee, tips yg menarik buat diajarin ke anak cucu kelak ^^

  13. julie says:

    wah ini maen balon sabun aja keren gitu tipsnya, kalo aku dulu niupnya pake batang pepaya
    hehhe

  14. yusupman says:

    Dulu senang banget main balon sabun,..jadi teringat masa kecil dulu.

  15. ajir says:

    jadi inget sesuatu..😀

  16. hanif says:

    Sewaktu kecil aku suka memainkannya di atap rumah ktika sore…kini paling bisa main pas keponakan beli he he he..memanfaatkan keadaan

  17. selamat pagi..selamat berhari senin…hehehe
    kunjungan perdana nich…
    salam kenal dalam persahabatan
    great posting

  18. anny says:

    Kalau bikin sendiri, bahan kimia nya itu yang ribet belanjanya ya🙂

  19. thangs26 says:

    Balonku ada lima..rupamu nanya
    nanya….uapik tenan balone!

  20. alamendah says:

    Wah ini mah kerjaanku sama ponakan kalau lagi suntuk

  21. badruz says:

    Pakai daun jarak juga lebih mudah Mba. batangnya di puthes gitu…lalu ada getahnya, tiup deh… Jadi deh balon melembung tuh…banyak lagi😆

  22. ceuceusovi says:

    heheh.. main bola sabun sampe sekarang masih suka kok .. anak2 saya juga suka banget apalagi sekarang dijual mainan bola sabun ini dengan kemasan seperti tembakan tapi pistolnya berbentuk ikan atau apa gitu.. dan balon sabun yang dihasilkan gedee banget,,,.. uuu..seru deh..🙂 jaman saya dulu, bikinnya ditambah remasan daun sepatu.

    ide tulisannya oke bgt.. sesuai namanya.. brilian..

  23. TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  24. Oktaf s / 'abdurrohman says:

    Sodium hidroksida kl di pasaran biasanya make brand apa? Biasa dipake buat apa?
    Bingung nich nyarinya, soalnya hampir tiap hari anaku minta dibelikan balon2 sabun..Kl bs bkn sendiri kan jd lebih hemat…

Comments are closed.