Si Unyil

Gambar diunduh di sini

Di era 80-an, ketika siaran TV dimonopoli oleh TVRI, ketika belum ada yang namanya mall, pada hari Minggu keluarga Indonesia akan duduk manis di depan televisinya masing-masing untuk menonton film boneka Si Unyil. Film boneka produksi PPFN (Perum Produksi Film Negara) sangat disukai oleh berbagai kalangan.

Film Si Unyil akan dibuka dengan adegan Si Unyil dan kawan-kawannya melakukan hompimpa… lalu terdengar ada yang berteriak: Unyil.. kucing…! Kemudian theme song Si Unyil pun diperdengarkan. Nama-nama tokoh satu persatu muncul di layar TV. Hampir semua anak hafal dengan tokoh-tokoh yang ada di Si Unyil.

Teman-teman masih hafal nggak dengan tokoh-tokoh tersebut? Ada Ucrit dan Usro, kedua nama ini sahabat kentalnya Unyil. Kemudian ada Pak Raden yang punya sifat sangat pelit, dan paling malas kalau diajak kerja bakti. Alasan yang selalu dikemukakan encoknya lagi kumat.

Pak Ogah dan Pak Ableh, dua tokoh yang mewakili kaum pengangguran dan suka duduk-duduk di pos ronda dan kalau ada orang yang lewat tak jarang dipalak. Tokoh-tokoh lain yang tak kalah terkenal misalnya Kinoy, Melani, Meilani, Bunbun (adiknya Melani), Cuplis, Pak Lurah, Bu Guru, Mbah Bejo, Mbok Bariah dan lain-lain.

Cerita dalam Si Unyil sangat membumi, karena memang diambil dari kejadian sehari-hari masyarakat Indonesia. Di sana diajarkan bagaimana menghargai orang tua, bagaimana menyelesaikan suatu masalah, bagaimana bertoleransi antar umat beragama dan antar etnis, dan sebagainya. Program-program pemerintah seperti keluarga berencana, hidup sehat, wajib belajar pun tersosialisasi melalui film boneka Si Unyil ini.

Apa kenangan kalian terhadap film boneka Si Unyil ini?

18 comments on “Si Unyil

  1. terimakasih atas jalan-jalan melintas ‘ruang’ dan ‘waktu’ nya mbak…..
    film unyil…..adalah salah satu potongan puzzle ‘indah’ masa kecil saya dulu, hampir tidak pernah saya melewatkan tiap episodenya…setuju sama mbak [Cerita dalam Si Unyil sangat membumi, karena memang diambil dari kejadian sehari-hari masyarakat Indonesia] yang selalu penuh dengan nilai hidup dan semangat kebersahajaan

    semoga saja anak-anak sekarang IRI dengan keindahan masa kecil kita yang dahulu

  2. rihmawandi says:

    Waktu dulu ada film boneka si unyil, di rumah saya belum ada tv, paling kalau nonton di rumah tetangga, saya paling suka kalau ngelihat pak ogah lari terbirit birit saat lagi ketakutan dan pak ogah kalau lagi ribut sama pak ableh…..

  3. jaka says:

    Salam Kenal Ya Semuanya g terkecuali dari sabang sampe merauke deh.. hehe..🙂

  4. nadiaananda says:

    Yang Sepi ini sedang ditemai oleh secangkir Kopi dan Sebatang Rokok.. Namun Ditambah Baca Artikel.. Mancaaapppp..😛

  5. nadiaananda says:

    Kisah terbaik kehidupan adalah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata..🙂

  6. carlin says:

    menginatkan suasana tahun 1990 an

  7. Eva says:

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  8. teadonk says:

    sampe saya nagis” dlu liat s unyil xixixixi

  9. dhwan says:

    Mestinya film seperti si unyil ini yg harus tayang menandingi si upin ipin,

  10. Anita says:

    yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya

  11. m.jayyidan says:

    maaf, saya mau bertanya tokoh melani atau meilani ini salah satu nya sering bernyanyi mandarin, ada yang tau judul lagu mandarin tersebut.??? terima kasih🙂

  12. tri says:

    ada yg punya koleksi filmnya gak?

  13. Linda says:

    semua akan lebih baik kalau kita berusaha

  14. Terima kasih atas penjelasannya

  15. cakramahkota says:

    Met sore sobat numpang lwt.
    Kami Melayani jasa dan konsultasi masalah:
    karir,pelet,pisahkan pil/wil,azimah benda bertuah,dll.
    Silahkan kunjungi:
    http://cakramahkota.blog2an.com/

  16. ia ya dulu tuh si unyil acaranya kaya gitu dan rame banget dulu mangkanya aku sering nonton..
    tapi sayang banget sekarang itu di ganti..
    kenapa sih alasannya gan?
    terimakasih😉

  17. annosmile says:

    tayangannya cukup mendidik..
    tp mulai kalah sama tayangan manusia jadi-jadian ..duhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s