Badai Bulan Desember

gambar diunduh di sini

Tanggal 3 Desember 2009 lalu, dunia musik tanah air kehilangan Rocker era tahun 70-an, Ucok Harahap yang meninggal pada usia 66 tahun. Ucok adalah vokalis band AKA. Asal tahu, AKA itu berasal dari Apotik Kaliasin, sebuah apotik milik ayah Ucok yang berlokasi di Jalan Kaliasin Surabaya dan dari keuntungan usaha inilah Ucok mulai bermusik. AKA terdiri dari Arthur Kaunang, Sunata Tanjung, Syech Abidin dan Ucok Harahap.

AKA merupakan band dengan dimensi musikal yang luas. Badai Bulan Desember adalah jenis lagu manis yang popular di tahun 1974, begitu juga lagu Akhir Kisah Sedih (1973). Dalam versi album, lagu-lagu itu dibawakan vokal Syech Abidin. Ucok kebagian peran untuk lagu rock, khususnya untuk konsumsi panggung. Selain kedua lagu tersebut, AKA juga membawakan lagu Grand Funk Railroad seperti We Are American atau Someone.

Di panggung kadang Arthur, Syech Abidin dan Sunata, hanya tampil bertiga tanpa Ucok. Mereka membawakan lagu klasik rock dari ELP seperti Jerusalem meski dengan instrument sederhana. AKA pernah membawakan Pictures at the Exhibition dengan bantuan seksi gesek dari Idris Sardi. Pada sisi lain, AKA juga membawakan lagu Jimi Hendrix, James Brown, hingga Black Sabbath. Lagu jenis itu merupakan jatah Ucok untuk beraksi dengan gaya yang saat itu disebut eksentrik.

AKA di awal era 1970-an menggelar konser di Gelora Manahan Solo. Mereka membawakan lagu kondang dari Black Sabbath โ€œIron Manโ€. Saat itu Ucok sang vokalis yang juga pemain keyboard melepas baju, sepatu, dan celana panjang. Yang masih menempel di tubuh Ucok hanyalah celana dalam berwarna merah. Setelah konser itu, AKA diskors dilarang manggung di Solo.

AKA dengan Ucoknya adalah fenomena zaman setelah musik rock diberi ruang oleh penguasa Orde Baru. Sebelumnya, Bung Karno melarang musik nga- ngik- ngok (rock) karena dianggap tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Ucok telah tiada ketika musik rock sudah diterima luas oleh masyarakat. Ucok dan AKA menjadi salah satu tonggak sejarah musik rock di negeri ini.

Selamat jalan, Ucok!

11 comments on “Badai Bulan Desember

  1. nakjaDimande says:

    Bundo ga begitu familiar dengan Ucok Harahap ini, taunya hanya Arthur Kaunang, selamat jalan untuk beliau..

    sekar tau ucok harahap darimana? krn bapakmu sering putar lagu AKA pasti yaa๐Ÿ™‚ **btw kerudung merah jambu itu, cantik!

  2. adityahadi says:

    hee, bener2 gak pernah denger nama2 di atas, mungkin karena bapak kutu bukan penggemar mereka, hee (setuju ma commentnya bundo nakja).

    tp klo ngeliat napak tilas mereka di belantika musik tanah air, seharusnya kita bersedih mengenang mereka yang telah memberikan warna baru bagi kehidupan di indonesia. Selamat jalan …

  3. Achmad Fauzi says:

    Haa, jadi terkenang masa ABG. Aku rela naik truck 120 km, hanya utk nonton AKA main di TR Surabaya. Saat itu mereka banyak menyanyikan lagu Deep Purple dari LP Burn.
    Ucok memang raja panggung yang fenomenal. Dia ikut membangkitkan gairah pecinta musik cadas, dengan aksinya yg gila-gilaan.
    Selamat jalan kawan … karyamu akan slalu dikenang.

  4. Aribicara says:

    satu lagi, negeri ini kehilangan Musisi senior …

    Smoga Tuhan memberikan Tempat disisi_Nya. Amiin ..

  5. hmm..
    innalillahi wa inna illahi roji’un..
    para legenda mulai habis dipanggil bumi..
    saatnya para muda membentuk legenda baru..๐Ÿ˜‰
    ..
    bwt, menyambut launching novel saya yg pertama..
    saya mo bagi2 novel neh..
    mampir aja d artasastra.com..
    thx ya..๐Ÿ˜€

  6. Badruz says:

    wah, penggemar musik rock juga nih, saya juga agak suka Mba….๐Ÿ˜†

  7. mamah aline says:

    selamat jalan buat ucok AKA, semoga generasi musik berikutnya bisa lebih berprestasi

  8. adipati kademangan says:

    ucok ini sebagai pioneer musik rock di Indonesia. Kiprahnya dalam musik rock telah membuka jagad musik di Indonesia sehingga bisa diterima oleh masyarakat
    Selamat jalan Ucok

  9. Elsa Yellow says:

    saya terkesan dengan kisah Ucok AKA ini.
    ketika ditinggal pergi oleh wanita yang dicintai, Ucok merasa ada yang tidak lengkap. itulah kenapa kemudian Ucok kerap berganti ganti istri dan pasangan. tak lain karena mencari sosok yang persis dengan wanita yang itu…. wanita yang satu itu…

    semua mengira, Ucok adalah sosok pria bejat yang tidak bertanggung jawab karena memiliki banyak wanita. tapi saya pikir… apa yang melatarbelakangi tindakannya itulah yang patut diketahui banyak orang.
    ๐Ÿ™‚

  10. uchok says:

    yaaa bgtulah ucok,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s