Kapal Otok-Otok

 kapal otok2

Untuk mainan yang satu ini, maaf, saya tidak tahu nama aslinya. Sebut saja kapal otok-otok. Mainan ini memang berupa miniatur kapal, ukuran panjang sekitar 20 cm lebar 5-6 cm tinggi 4 cm terbuat dari kaleng.

Perakitan kapal ini dengan cara dipatri, kemudian dicat dengan kombinasi warna biru-kuning-merah-hijau. Dan mainan ini sangat nasionalis, karena selalu terpasang bendera merah putih. Cara memainkan kapal otok-otok ini yaitu kapal ditaruh di atas baskom yang telah diberi air, kemudian isi air dari “knalpot” kapal, lalu nyalakan sumbunya dan tunggu beberapa saat sampai air dalam “tangki” kapal mendidih. Kapal akan segera berjalan dengan bunyi khasnya otok…otok…otok… mengitari keliling waskom. Ada yang unik. Bahan bakar yang digunakan bukan bensin atau solar loh, tapi minyak kelapa/minyak goreng.

Mainan ini ada yang menyebut dengan kapal sekaten  karena di Solo atau Yogya sana, setiap ada perayaan sekaten kapal ini selalu dijual. Setahu saya, ada satu tempat lagi untuk mendapatkan mainan kapal otok-otok ini adalah di Sate Maranggi Jl. Raya Cikampek – Purwakarta.

Hayoo…siapa yang punya pengalaman main kapal otok-otok ini? Bagikan pengalaman kalian di sini.

PS : Special thanks for my beautiful cousin :  mbak Btari Tunggadewi – Mantrijeron Jogja yang telah mengirimkan gambar kapal otok-otok di atas.

60 comments on “Kapal Otok-Otok

  1. zulhaq says:

    wah dapat pertamaxxxxxxx
    kapalnya bisa nyampe duluan nih ha ha ha

  2. zulhaq says:

    keduaaxxxxx
    kapal otok otok semakin melaju di atas bak air

  3. zulhaq says:

    kerigaaxxxxxxx
    laju kapal otok otok semakin menggila ha ha ha

  4. zulhaq says:

    keempaatttxxxxxx
    hampir smapai finish….luar biasa!!!!

  5. zfly says:

    jadi ingat sama mainan itu Sekar…
    dulu wkt kecil punya. Yup, pake minyak kelapa/goreng bahan bakarnya..
    hehe… dulu sesama teman2 kecil, asik sekali mainnya.

    Jaman sekarang sudah digantikan kapal maenan yang pake remote kontrol ya.

    Ahh, ingat Sekar jadi ingat masa main anak2 dulu🙂

  6. zulhaq says:

    kelimaxxxxxxxxx…woww yeaaa, mantap!!!
    akhirnya smapai finish, kapal2 yang lain tertinggal jauh
    orang sinting menang bersama kapal otok otok kekekekkkek

  7. Aditya says:

    Bener banget kapal otok-otok emang nasionalis banget beda sama kapal-kapal mainan sekarang… tapi sayang beribu sayang… saya ga pernah main kapal otok-otok ini :D…

  8. zfly says:

    ehh, lupa nih. ada yang baru di blog saya yang ini

  9. zulhaq says:

    yah kacau kacau kacau…kepala jadi pusing
    padahal kelimaxxx dah sampe ubun2 kepala
    ternyata di salip, dah keduluan zfly hikzzzzz…
    mama……………….kekekekekekek!!!!

  10. rudy azhar says:

    kalau permainan diatas saya emang punya pengalaman memainkannya waktu kecil dulu, seru mainnya… saya sediain baskom yang udah diisi air lalu dijalanin deh kapal otok-otok itu keliling baskom..he..he..he.. jadi inget masa kecil…

  11. comente kok mbok beki dewe mas Zulqak, OOOOO gak ndue wedi tenan…😀

  12. fandhiee says:

    wah ga pernah maen kapal2an ini😛
    klo dikampung jaman gw kecil bikin kapal2annya cuma dari kertas atau daun

  13. genial says:

    anjrut bang zulhaq masuk 4 besar di balapan kapal otok otok ini :p salam hangat🙂

  14. abrus says:

    dulu saya dan teman2 menyebutnya ‘kapal air..
    (ya sih…mainannya di air…walau dlm baskom…)

  15. eoin says:

    zulhaq: blegug siah!!!
    eh kapal otok-otok.. dari kecil pengen punya… berhubung nyokap hemattttt… jadi cuman pernah kebeli sekali.. itupun sudah agak besar.. banyak mainan yang kubeli setelah berkeluarga.. hiks kesian deh gw.. masa kecil kurangh bahagia..

  16. yunus says:

    jadi inget wkt kecil…. dulu suka bgnt mainan itu tapi sayang anak kecil skrng lbh suka yg pake batrai drpada yg pake minyak….

  17. isti says:

    saya malah baru tahu.. hehe 🙂

  18. si_bodoh says:

    aku dulu juga pernah maen.

    check and visit http://www.mazdebii.co.cc

  19. alamendah says:

    Di tempat saya namanya juga othok-othok.

  20. SanG BaYAnG says:

    Aduh..berisik..ntu..,matiin dunk.
    Ane mau bobox..wkxkxkxkx..

  21. teadonk says:

    tooook tok otok otok iiih seneng banget aduh bener2 inget masa lalu euy aluslah

  22. yangputri says:

    gak pernah maenan kayak gt….
    itu kan maenan cowok ya….???

    zulhag hetrik amat yaakkk…:D

  23. Dedy says:

    Pernah maen kayak gitu tapi kudu rebutan dulu ama my brothers. He.he.

  24. chekape says:

    sampai skg jg gw msh seneng, kl ada gw mw tuh mainin,, heee😀

  25. Didien® says:

    heuheu..jd teringat masa kecil juga deh..tp mainan ini termasuk merwah..soalnya mainan dulu bisa di buat dari kulit kelapa dan pelepah pisang ..

    salam,

  26. mampir lg nii🙂
    jd inget masa kecil dulu😦

  27. di kalsel ada juga Mbak…..

    dulu waktu SD saia maen itu habis pulang sekolah hehehehe……

    sekarang apa udah ga ada ya ???
    kalah ama X-BOX😀

  28. bibit m says:

    Om kukira itu ayahmu yg nyebut kapal othok2, sbb itulah nama yg dikenal luas … beliau kan seangkatan! Bukankah mbak Galuh nyebut om ABG (angkatan babe gue). Ngapain cari di Purwakarta, kalo ke Kebun Raya Bogor mampir aja. Ada jg yg jual gulali puter (arum manis). Klo gak ktm jg, cari aja dkt Sta. Bogor.

  29. zulhaq says:

    *kunjungan dinas orang sinting*

    kok nggak ada orangnya yah he he he

    • bsekar says:

      @zulhaq : kapalku hbs diborong si sinting..🙂
      @all : thanks sdh berkunjung dan memberikan komengnya. maaf bila ada yg belum sempat sy kunjungi balik. maklum, liburan gini jalur internet buat kroyokan sekeluarga😉

  30. Zian X-Fly says:

    benar-benar mengingatkan saya dengan masa kecil..
    (Masa kecil yang kurang bahagia)

  31. nadya says:

    wah iya inget, dulu cuma sering liat tapi ga pernah punya hihi ….

  32. saya tahu kapal otok2 itu,
    tapi nggak pernah ikut mainin.
    karena ada teman yg main kapal itu,
    lalu entah gmana, tangannya kena pinggiran kapal dan luka.
    jadi nggak pengen tuh ikut main si kapal otok otok, cuma ikut nonton teman main aja.
    salam.

  33. Saka says:

    woalaaaaaahhhh itu kang izul ngeborong komeng disini..😆
    heuuuuu… kapal otok otok…

    sayah mah dulu maennya di kamer mandi, dicemplungin dah tuh kapal otok2 dalam bak mandi… beres maen trus diomelin sama emak… bau minyak aer seisi bak mandi hihihihi😆

  34. muizz says:

    Wah,,, aku bangggeet.🙂

    Waktu kecil sukanya kapal otok2… kalau rusak minta dibeliin lagi,🙂

    sering dirusakin, jadi beli yang baru…

  35. D3pd says:

    Bener-bener kapal otok yang bikin otak pusing ya, kapan jadi dan berapa lakunya barang ini? ^_^…V chayoo

  36. bisnisramadhan says:

    jadi inget mainan jaman doloe…😀

  37. 71mm0 says:

    mainan yang susah payah ku beli waktu kecil.. jadi sedih jika mengingat masa itu😦 (berlebihan deh kayanya😀 )

    • bsekar says:

      @zian x-fly : tp masa besarnya bahagia kan?
      @nadya : biasanya yg main cowok sist
      @bunda : bunda pasti angkatan mama sy deh😀
      @saka : tnyta nakal juga ya si akang ini
      @muizz : mborong dong
      @d3pd : nape pusing bang
      @71mm0 : sy sdh berkunjung balik, tp mau kasih komeng nggak bisa, kolom komengnya di mana ya?

  38. sugiman says:

    semingguan kemarin baru aja beliian anak2ku di surabaya, waktu ada bazar…,(sebenere seng pengen bapake hehe kelingan waktu kecil)

  39. zulhaq says:

    huahaha, kapalnya dah habis yah??? gara2 di borong
    tp kok nggak ada kapal yang dikasih niy,
    gw tunggu dari kemairn loh he he he

  40. habibiehosen says:

    Nice post….

  41. mas stein says:

    saya cuma inget iri sama anak tetangga yang dibeliin sama maknya.

  42. Den Mas says:

    (lagi2 geleng2 kepala)

    asli, yang ini benar-benar kena saya😀
    dulu pernah, ganti bahan bakarnya dengan minyak tanah. Bussss… kapalna kebakar, terus pada mrotholi hehehe…

  43. Harry says:

    Othok….Othok….Othok….Othok….Othok….Othok….
    Ya itu dia kapal sederhana berbahan bakar minyak kelapa….yang masih ada sampai sekarang….pembuatannya pun simpel….dan saya beberapa waktu yang lalu masih sempet memainkan sama anak2..dan para ponakan….
    asyik seru juga…

    Tapi adakah yang punya ide membuatnya dari kaleng bekas semacam coca-cola gitu….

  44. Efendy says:

    ha.ha.h.a.. kenangan indah zaman jadoel,Kapal otok2,,,,
    dulu sering maen in,sekarang mengenalkan ke anak… ^_^

  45. gw ada pengalaman masa kecil dgn kpl otok2….gw prnh nyolong punya temen wkwkwkw

  46. ali says:

    asyik bener otok”,,,,,,,

  47. ano nak coooll!!! says:

    “OTOK OTOK OTOK!!!!”

  48. PICA KETEK says:

    “PICA KETEK OTOK OTOK”

  49. PICA KETEK says:

    AKAN PUNG PUK* LOMEETER

  50. AH AH AH says:

    AHH!!!!!! OTOK OTOK

  51. teTuku says:

    klo di jogja belinya di toko mana yach?
    nanya bbrp toko mainan gak ada tuh?

  52. windu says:

    aq malah bru beli maren mlm hahaha

  53. wawan says:

    bagamna cara membuat perahu tok tok mba..??

  54. abi ahnaf says:

    saya malah penjual tuh… ada 2 ukuran yang besar 15rb & yang kecil 10rb saya ada di lokasi depok jawa barat. Berminat hub. 02183249074/081298043283

  55. ari says:

    klo yg kecil dapet 3 rb aku ambil banyak mas. 087834560656 ari solo

  56. boim says:

    saya waktu naik motor di leuwi panjang ada yang jual kapal otok otok saya jadi ingat masa kecil saya beli

  57. permisi, kalau dijogja, alamat produksi kapal Kapal Othok-othok dimana ya? terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s