Sandal Tukang Kayu

sandal lily

gambar diunduh di sini

Alas kaki yang satu ini disebut sandal Lily, asli produk lokal negeri sendiri. Masakecildulu, saya lihat mBah Kung saya suka memakai sandal jenis ini, dan ketika saya tanya ke ayah saya apakah ia dulu juga memakai sandal Lily, katanya sudah tidak lagi. Waktu itu, yang ngetren katanya sandal merk Neckerman.

Sandal Lily ini biasa dipakai para tukang (tukang bangunan atau tukang kayu), makanya ada yang menyebutnya sebagai sandal tukang. Sandal ini terbuat dari plastik transparan, warna hijau dan biru.. Modelnya bukan sandal jepit (untuk menyangkutkan kakinya) tetapi seperti kelom Jawa. Sandal jenis ini konon sampai sekarang masih dijual di Jakarta, tapi cuma di pasar-pasar tradisional, seperti di Senen dan Rawamangun. Harganya, kira-kira Rp 25.000 sepasang.

Sandal pertama yang diciptakan manusia berasal dari Mesir. Sandal itu terbuat dari kayu dan daun papirus. Untuk mencetak sol sandal, mereka mencetak bentuk kaki di atas pasir pantai. Setelah era Mesir, sandal generasi kedua adalah milik Yunani. Modelnya disesuaikan dengan kegiatan yang mereka lakukan, seperti untuk jalan-jalan, pesta, atau dipakai di rumah. Sandal bagi bangsa Yunani juga mencerminkan status dan kelas sosial si pemakai.

Sandal generasi ketiga adalah sandal Romawi yang diadopsi dan diadaptasi dari gaya sandal Yunani. Salah satu ciri khas sandal hasil modifikasi Romawi adalah penggunaan bahan kulit, tali pengikat yang dililit sampai betis, dan sol tebal dari kulit. Dengan sandal model ini, para prajurit Romawi atau gladiator bisa berperang dengan nyaman dan bebas. Kaum perempuan zaman Romawi umumnya memakai sandal dari kain. Para gladiator perkasa di jaman Romawi dulu mungkin tidak menyangka kalau sandal yang mereka kenakan waktu itu akan ngetren di abad 21. Tetapi sekarang, yang menggunakan malah cewek trendy seperti saya.

Dalam perkembangannya, alas atau sol sandal dibuat dari gabus. Bagian penutupnya dari kulit yang dijahit dengan bagian atasnya. Bagian jari kaki dibiarkan terbuka, dilengkapi sabuk atau tali agar tak mudah lepas dari kaki pemakai. Sol sandal juga dibuat dari karet, plastik, kayu, ban bekas, anyaman tali, atau anyaman rumput.

Apakah ada di antara kalian yang pernah memakai sandal Lily?

51 comments on “Sandal Tukang Kayu

  1. abrus says:

    Kalau ditanah air…sendal ada di zaman apa ya?
    zaman Sriwijaya atau Majapahit…atau Singosari..?
    Ken Dedes dlm ‘reliefnya…sudah pakai *alas kaki tuh..๐Ÿ˜‰

  2. abrus says:

    aku pernah *pakai…pinjam punya *kakek…nyoba2…

  3. WANDI thok says:

    Sampai sekarang aku malah pakai sendal jaran mbak๐Ÿ˜€
    =======
    Dolan neng kene dadi kelingan kabeh jaman semana๐Ÿ™„

    • Den Mas says:

      wah, bener neh kata pak guru. Ini kayak memoar jaman duluuuuuu banget.
      kalo sandal racing masih ada nggak yah? itu tuh, sandal yang terbuat dari bekas ban. Mangkanya dinamakan sandal racing๐Ÿ˜€

  4. Si Gembala says:

    Kalau di daerah…sandal lily malah dipake sebagai keseharian..terutama orang2 tua….soale murah dan awet…..

  5. sobatsehat says:

    keren tuh sandal, boleh pinjem

  6. backpackerman says:

    di pasar deket sini masih banyak tuh…

  7. Ferry Prima says:

    banyak model sandal datang dan lewat tapi tetep sandal jepit swallow yang nomer 1 hahaha

  8. andipeace says:

    jadi iling zaman kerajaan dan kengen sama mojokerto kerajaan mojopahit….
    soo deket dari rumah

    salam peace

  9. bibit m says:

    He3 … itu kan jaman kecilnya ayah Om. Klo Om sendiri wkt kcl jg pernah merasakan, meskipun kegedean. Kebiasaan Om klo pas ke Ternate, yg dibeli pertama kali ya sandal jepit … (he3 … kurang kerjaan), ntar buat oleh2. Hrsnya oleh2nya bagea kenari, kepiting kelapa, ato perhiasan (dari besi tua) ya …? Tp jaman Om sdh pake sandal swallow (idem bung Ferry).

  10. Aldy says:

    Sampai sekarang sandal lily masih eksis walau volumenya makin kecil, baca postingan ini jadi ingat tetangga yang pake sandal ini, saya sendiri sih pakenya Tat Sing. Salam Kenal.

  11. adirossi says:

    Yang panting kan nyaman dipake, jadi sejadul apapun ga pa-pa dech..enjoy aja๐Ÿ˜€

  12. ajir says:

    oh..jd keinget sama kakek..
    i’m so sad..

  13. Raffaell says:

    Wah iya, masih ada aja yah sendal gituan, hehehehe keren, nostalgia banget

  14. angga chen says:

    nggak…tapi kalo lihat pernah…infonya bagus juga nih…jadi tahu deh tentang sejarah sendal…thanks ya

  15. zulham says:

    Sampai sekarang saya masih suka pakai sandal itu!

  16. yangputri says:

    aq lupa kek gmn ya modelnya ??

  17. zulhaq says:

    bukan ernah lagi, tpai dl sering bgt
    apalagi kalo sendalnya ilang, suka pinjem tuh sendal yg begituan hi hi hi….

  18. muamdisini says:

    boleh tuh..kayaknya harus nyari…
    di samarinda ada gak ya?…

    biasanya saya sudah “pewe” pake sendal jepit “swallow” hehehe…..
    kan sama2 warna-warni tuh…

  19. newbiedika says:

    Sendal kek gitu emg merakyat

  20. yusupman says:

    Benar2 kreatif ya nyarinya…kok masih ada aja…

  21. genial says:

    jadi inget sama tukang waktu ngebongkar kamar, kita nya sii pada maen pe’es, mereka mondar2 ngeroko djarum,,, seeendalnya itu lohh.. lilyyyy (kasoem..?!??!) ck ck ck.. dpt ajja si pic na๐Ÿ™‚

  22. adipati kademangan says:

    sandal jaman dulu, saya masih teringat dengan bakiak atau klompen. Sandal yang merakyat anti maling.

  23. habibie reza says:

    Ndak iya mbak di senen masih ada yang jualan? coba ntar tak cari2, pengen beliin buat mbah kung saya,๐Ÿ˜€

  24. anny says:

    Ini sandal suka dipakai abah abah jadul ya๐Ÿ™‚

  25. zenteguh says:

    (tersenyum) Ini sandalku bapakku, sandalku sekitar umur 6-7 tahun, dan sandal saudara2ku. Maklum wong ndeso. Tapi sandal ini bener2 tahan banting…

  26. kupatahu28 says:

    Waduh jadi inget alm. kakek gw, dulu kakek sering bgt pake sendal ini, warna nya biru kya yg di atas…

  27. ridhobustami says:

    wahh jadul sendalnya….
    sekarang yang lagi tren dan ngak ada matinye sendal swalloww alias jepit terbitan china๐Ÿ˜€ :

    salam kenal

  28. Septa says:

    buset itu sendal warisan leluhur…

    Mantappp

    Salam

  29. @abrus : merk-nya apa mas?
    @wandithok : tapal kuda, ya pak. dipaku dong kakinya๐Ÿ™‚
    @si gembala : daerah mana tuh mas..
    @sobat sehat : boleh…ambil aja
    @backpackerman : pasar belah mane?.. backpacker suka pake nggak ya?
    @ferry prima, habibie : swallow kaya merk kamper๐Ÿ˜›
    @andipeace : jngn2 msh keturunan rakuti tuh..
    @bibit m : ada juga kan om, sandal merk bowling?
    @aldy : sandal impor dr cina?
    @adirrosi : kaya iklan rokok
    @ajir, kupatahu28 : oh..mbah kakung..di mana dikau
    @raffael : msh suka liat ga mas?
    @angga chen : thanks kembali
    @zulham : oh iya??
    @yangputri : liat aja gambarnya yang..
    @zulhaq : warnanya apa bang?
    @muamdisini, ridhobustami : pd suka swallow ya
    @newbiedika : pro rakyat
    @yusupman : siapa nih yg kreatif?๐Ÿ™‚
    @genial : dibantu teman sih..
    @adipatikademangan : siapa sih mbah ini… mana blognya?
    @anny : abah tetangga tante ya?
    @zenteguh : tersenyum tanda ingat pernah make tuh

  30. alamendah says:

    Di rumah saya sampai sebulan yang lalu masih ada sandal lily, tuh. Ntah kalo sekarang da dimana gak tahu. kali dicuri kucing!!

  31. Mus says:

    Saya pernah beli sandal kayak gini, waktu di lirboyo. Tp skrg dah rusak.

  32. kakek saya masih punya sandal lily loch..

    aku sempat bingung napa dinamakan lily ya?

  33. zfly says:

    Mungkin karna di cap sendalnya pak Tukang, makanya jd kurang diminati. Gengsi, gitu kira2๐Ÿ™‚
    Padahal sendalnya enak dipake kok, apalagi kalo gratis, hehe

    • brilian sekartaji says:

      @alamendah : pencuri tak tau diri..
      @mus : hmm..waktu nyantri ya kang
      @debypecundangsejati : karena merknya lily
      @zfly : pernah pake?

  34. hanif says:

    Di Kebumen, kota kelahiranku kayaknya masih banyak

  35. wahyono says:

    jadi inget waktu kecil pas sunatan…di hadiahi sandal lily..๐Ÿ˜€

  36. kw says:

    sekarang masih ada loh, kalau pulang kampung aku suka beli๐Ÿ™‚

  37. nadya says:

    waduh …. belum pernah pake, itu kayak sendal dari luar angkasa ya, meling-meling gitu๐Ÿ˜›

  38. irawan says:

    jadi inget sm mbah kakung yg juga punya sendal begituan..๐Ÿ™‚

  39. ria_imel says:

    sendal jaman kapan itu???
    lucu x yaaa…klo dipake๐Ÿ™‚

  40. yorry says:

    ada yang tau alamat Distributor sandal Gaul lily?? minta alamt, E-mail, No.HP Distributor yang bisa dihub. trim’s saudara.

  41. yorry says:

    Ini alamat Yorry
    E-mail: yor_py@yahoo.co.id
    HP: 085235035087

  42. Yani says:

    Salam kenal pencinta sandal LILY, saya kenal sandal ini sejak kecil dan baru2 ini mulai pake ternyata memang ok, dan temen2 jadi ikutan dan banyak yang pesen, memang bandrolnya saya jual @ Rp. 45.000,- All Item/ Size. ada yg minat hub di: ns_yani@yahoo.com.

  43. salam kenal….. buat pencinta sandal lily, produk lengkapnya bisa di lihat di http://www.Sendalsandal.com. Selamat berbelanja……:)

  44. achmed says:

    aku jg punya dan sampai sekarang masih pake…habis klasikkkk sih

  45. kusni says:

    Saya ingin menjadi afen penjualan sandal Lily gimana caranya dan mohon alamat Distributor nya a

  46. iin says:

    aq jual sandal lily.skrg bnyk mdelnya.

  47. tharanusan says:

    Thank’s ya postingannya, akhirnya ketemu juga nama sendal yang kucari..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s