Sahabat Pena

sapen

Masakecildulu, ketika saya belum mengenal handphone atau internet. Siang hari, sepulang sekolah duduk manis di teras rumah membaca buku sambil menunggu Pak Pos bersepeda motor orange siapa tahu membawa sepucuk surat untuk saya. Surat apa itu?

Surat dari teman saya. Teman yang merupakan sahabat pena saya. Dulu, saya akrab sekali dengan kantor pos : amplopnya, perangkonya, kode posnya, kotak posnya, dan juga pak posnya. Sahabat pena saya lumayan banyak. Alamat mereka saya dapatkan dari majalah Bobo dan Kawanku, majalah yang menjadi langganan saya.

Kalau tidak sempat ke kantor pos, saya sering minta tolong ayah atau ibu saya untuk mengeposkan surat untuk sahabat pena saya. Selain itu, saya juga menjadi seorang filatelis, segala macam perangko sepertinya saya punya. Sahabat pena saya pun banyak yang dari luar Jawa. Ah, kalau mengenang itu semua hati saya begitu bahagia karena banyak cerita yang saya dapatkan dari para sahabat pena.

Tapi, begitu penggunaan handphone semakin menyebar sampai pelosok negeri, pelan-pelan tanpa saya sadari menjadi jarang menulis surat. Satu-satu sahabat pena saya hilang entah ke mana.

29 comments on “Sahabat Pena

  1. and1k says:

    memang seneng rasanya kalau mengingat masa kecil.

    salam kenal

  2. mursid says:

    bener2 keren nih,
    aq aja belum pernah surat2an kayak gitu..
    salam kenal..

  3. genial says:

    entah istilah itu sekedar menjadi istilah atau msih ada yg menggunakannya iia?!?!?!

    o iy.. saiia hendak menyampaikan ihwal ‘kehadiran sobat di blog saiia’,
    untaian terimakasih yang tak terhingga atas ampirannya🙂

  4. abrus says:

    amplop, perangko, …. nungguin pak pos..
    plus majalah Bobo dan Kawanku …

    nuansa nostalgia habis… hmm…
    ingat deh cinta monyet… 😀

  5. abrus says:

    o iya… hampir lupa…😀
    filatelis, juga hobby ku…(6 album seri perangko)
    saling tukar perangko… hihihi…

    masa kecil trus abg…masa yg indah…😆

  6. yup, betul. zaman sekarang, anak SD pun udah pada bawa handphone.. wah, ntar anak gue minta HP, repot dah .. wkakakak

  7. kawanlama95 says:

    wah sayang, harus nya nulis lagi terus tanya apa punya hp. itu aja kan.met malam

  8. Jadi inget nih…klo nerima surat…ada suara motor nya pak pos, langsung aja ke depan rumah…dag dig dug rasanya….

  9. yangputri says:

    Inget masa kecil aq jg langganan bobo…
    koleksi perangko jg hobby ku😀

  10. zulhaq says:

    udah lama bgt nggak berurusan dengan surat menyurat
    termasuk pena penaan….hanya sekali aja terulang
    nulis surat wasiat kekekekeekekkk *gak nyambung*

    sepuluhhhxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

  11. indra says:

    surat2an yah.. gw terakhir tahun 2000, habis lulus smu balik ke jakarta. jadi surat2an sama surabaya deh. tipun masih mahal, hp juga.he.3x

    klau sekarang sahabat keyboard. soalnya deket dari fb.😀

  12. Hariez says:

    terkadang teknologi juga yang membuat kita lupa kawan..

    -salam- ^_^

  13. dedekusn says:

    Dulu sahabat pena, sekarang Sahabat apa ya?

  14. bsekar says:

    @and1k & mursid : slm kenal kembali
    @genial : bisa jd msh ada yg ber-sapen
    @abrus : filatelis never die
    @artvisualizer, kawanlama95 : apalagi harga hape smkn murah
    @Share For better, yangputri : slg bernostalgia
    @zulhaq : mau mewasiatkan ape bang?
    @indra : pernah pake telegram nggak mas?
    @hariez : mesti bijaksana menggunakan teknologi
    @dedekus : sabahat blog

  15. Iklan Baris says:

    Dengan tegnologi yang maju itu memang bisa memudahkan kita, tapi kadang kita juga kangen dengan kebiasaan yang dulu kita pernah lakukan sebelum ada tegnologi yang lebih canggih seperti handphone.
    semua itu bisa membawa pengaruh!
    tapi apa dusurat yang akhir-akhir tidak pernah memberikan nomer hp? sebelum surat-menyuratnya disudahi?

  16. Asop says:

    Wuiiiih, terakhir saya denger frase “sahabat pena” kapan yak? SD kali yah?

  17. hanif says:

    Sekarang sahabat pena itu datang lewat blog, benar tidak?

  18. Dulu pas saya masih SMA, saya juga punya banyak sahabat pena. Seneng banget deh kalo nerima surat dari orang asing dan berbagi cerita-cerita.

    Sekarang sahabat pena itu udah gugur semua. Tapi dari blog saya dapet penggantinya, coz rata-rata pengunjung yang dateng ke blog saya akhirnya pada jadi sahabat juga, yang tiap hari kirim-kiriman e-mail, atau sekedar sapa-sapaan doang di Twitter atau chatroom. Terima kasih kepada teknologi, sekarang fenomena sahabat pena mencapai kemajuan yang sangat pesat.

  19. alamendah says:

    Sampai tahun 2001 saya masih sering berkorespondensi. Setelah itu gak lagi (kasian pak pos, ya?)

  20. D3pd says:

    santun sekali ceritanya, nice good job, ^_^…V chayoo

  21. an9el says:

    filatelis..hhehehe ingat masa lalu🙂

  22. eman says:

    wah hebat yahhh …. masa kecilnya banyak kenangan…. pasti bahagia banget

  23. edi petruk says:

    persahabatan memang indah, berbagai carapun bisa, bisa lewat surat atau yang lainya,
    salam persahabatan.

  24. Dita says:

    Wakakaka…saya jg tuh dulu gitu…tapi akhirnya bosen juga..namanya juga anak2…:P

    http://tinyurl.com/kuekering

  25. zee says:

    Bersurat-2an memang sensasinya beda sama email2an…
    Saya juga dulu punya banyak sahabat pena…. tp begitu mulai ada internet, ya gitu pelan2 berhilangan juga🙂

  26. Hamster Copo says:

    Emang begitu sakit ketika sahabat pena menghilang tanpa sepengetahuan batang hidungnya,, namanya juga zaman sudah maju jadi tuuh filateli sudah enggak jaman lagi.. prangko dirumah aku sekarang hanya menjadi kenangan masa lalu saja,, males juga mau ketempat pak post nongkrong

  27. pakacil says:

    Dulu, pernah punya sahabat pena, tak pernah bertemu muka, kemudian sempat terhenti surat²an. Sekarang, bertemu lagi, tapi di fesbuk…

    aktifitas surat menyurat saya dengan teman-teman sampai kuliah. rasanya dihati memang beda saat menerima surat dari seorang teman, luar biasa…

  28. bsekar says:

    @iklanbaris : hilang begitu saja … nggak terpikir tuker2n hp
    @asop : klo sy di smp
    @hanif : sahabat blog, fb, fs, dll
    @vicky l : lbh seru ya bu?
    @alamendah : he..he.. pak pos jd ringan tugasnya
    @d3pd : sopan santun dan bersahaja🙂
    @an9el : skrg msh ga?
    @eman : alhmd bahagia bngt
    @edi petruk : salam persahabatan
    @dita : tp nggak bosen punya sahabat kan?
    @zee : hi..hi…sy punya temen yg kehilangan sapen
    @hamster copo : nongkrongnya pak pos di motor loh
    @pakacil : sy dulu punya sapen di kalsel loh bang

  29. dulu sahabat pena saya ada yg dr jogya, yg paling deket banget, sampai sering saling curhat.
    biasanya yg dicurhatin tentang ortu masing2, yg nggak boleh ini lah, itulah, pokoknya seru.
    sampai sekarang saya masih terus berhubungan dengannya, tapi dia sudah lebih dulu punya cucu, kalau saya, nanti2 aja deh.🙂🙂🙂
    salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s