Andong

andong

Andong merupakan salah satu alat transportasi khas kota Yogyakarta. Andong memiliki sebutan lain, seperti dokar, delman, bendi atau sado. Bedanya, andong mempunyai empat roda.

Dari sejarahnya, andong merupakan kereta kuda beroda empat yang hanya boleh digunakan oleh para bangsawan, terutama raja dan para kerabatnya. Di awal abad 19 hingga awal abad 20, andong ini menjadi salah satu penanda status sosial para priyayi keraton, yang dimulai ketika Mataram dipimpin oleh Sultan HB VII. Ketika itu rakyat jelata tidak diperbolehkan menggunakan andong. Rakyat hanya boleh menggunakan gerobak sapi atau dokar (kereta kuda beroda dua). Tetapi ketika masa Sultan HB VIII, andong mulai digunakan oleh masyarakat umum, meskipun masih terbatas pada para pedagang saja.

Sekarang, andong dimanfaatkan untuk transportasi publik dan pariwisata. Khusus untuk transportasi pariwisata Yogyakarta, andong ini dapat ditemui di Jalan Malioboro, sekitar pasar Beringharjo atau Alun-alun Utara, dengan ciri khas kusirnya yang berpakaian model Jawa : blangkon, sorjan lurik, celana 3/4 panjang kaki berwarna hitam.

Kota lain yang masih ada andong, di antaranya eks Karesidenan Surakarta. Atau, Anda mempunyai referensi lain?

Masakecildulu, ketika main ke rumah nenek, saya sering diajak ke pasar dan pulangnya naik andong ini.

34 comments on “Andong

  1. morishige says:

    andong itu… eksotis, mbak.πŸ˜†
    naik bendi saya udah sering, tapi andong ini belum. padahal skrg tinggal di jogja. ^^

  2. KangBoed says:

    PERTAMAAAAXXXXXXXZZZZZZ

  3. David says:

    Andong…..??kenangan masa lalu jika berlibur ke pedesaan

  4. Saka says:

    weleeehhhhh…. tep mantep naek andong… kalo di tanah air sayah mah delman… emang bener2 asik naek delman.. serasa naek kora-kora di dufan:mrgreen:

    ada sensasi horornya… apalagi pas kudanya lari kuenceng… beuh… serasa mo loncat dari delman…πŸ˜†

  5. Jaya says:

    wah, saya gak pernah naek andong… naek becak motor yang seringπŸ˜€

  6. yangputri says:

    Di tempat aku masih ada kok andong

  7. embun777 says:

    Waktu hampir malam di Jogja..
    ketika keretaku gak jd tiba..
    aku naik andong yg roda dua..
    ke tempat Bude..
    nginep disana ..
    makan gudeg nasi liwet anget …
    waw… ueenak tenan…

    matur suwun.

  8. alamendah says:

    Di kota saya, Juwana (Pati-Jateng) masih banyak juga kendaraan ini. Di sini dinamakan dokar. Kadang ada yang menyebutnya cikar. Beda engan yang di Yogja, di daerah saya dokar hanya beroda dua.

  9. abrus says:

    Andong / dokar / delman / bendi / sado…

    semua podo … kurang satu … apa ya..?
    ntar dulu… (lagi mikir nehhh…

    mbah surip… tak gendong…kemana-mana…
    jenis angkutan… entah zaman apa?? πŸ˜€

  10. bibit m says:

    Daripada naek andong nanti Galuh kesasar … masuk angin … mendingan tak gendhong to … penak to … mantep to … hayooo … mau ke manaaa?

  11. Hariez says:

    wauwww…Andongnya beroda 4 ga kaya di kotaku cuma 2 *komeng gazebo*:mrgreen:

    -salam- ^_^

  12. wah… jadi pengen ke malioboro neh…

  13. zfly says:

    Naek Andong tarifnya brapa sekar?
    Di daerah saya, gak ada andong. Ntar kalo saya ke Jogja, temenin naek Andong yaa…πŸ™‚

  14. teadonk says:

    hus nengnong tarik bang he..he..

    • bsekar says:

      @morishige : jogja kota kenangan
      @kangboed : jngn ngebut
      @david : ada kenangan kan?
      @saka : naik delman istimewa dong kang
      @jaya : di mana sih bang? aceh ya?
      @yangputri : di mana yang?
      @embun777 : jogjanya di mana, jgn2 tetanggaan dng rumah nenek sy
      @alamendah : juwana, terkenal bandengnya
      @abrus : andongnya mbah surip
      @bibit m : nggak mau ah, si om blm mandi
      @hariez : he..he.. namanya apa bang?
      @candradot.com :bareng yuk?
      @saka : OK
      @zly : mau sewa? malioboro – kraton 10 – 15 rb
      @teadonk : awas.. kudanya pipis..

  15. Hamster Copo says:

    Waduuh…pasti asyik tuuh bisa naik andong??kalo ditempat aku enggak ada karena tempat aku kan digunung jadi enggak mungkin banget tuuh kuda narik kepuncak bisa-bisa kudanya mundur hehehe.beda ladang beda belalang, beda tempat beda pula kendaraannya kalo disini doloe-nya pada jalan kaki semua tapi sekarang sudah ada ojek jadi enggak perlu waktu seharian untuk pergi kepasar.. hehehe

  16. alamendah says:

    Coba kalo sekar jadi kusirnya pakai rambut dikuncir lagi….

  17. WANDI thok says:

    Dulu juga ada andong Mak Lampir, kusirnya SembaraπŸ™„

    • bsekar says:

      @hamstercopo : adanya kuda tanpa kereta ya bang?
      @alamendah : kuncirnya dikira ekor kuda dong
      @wandithok : nyai blorong jg naik andong pak..

  18. zulhaq says:

    di tempat gw banyak bgt tuh andong
    tapi jenisnya sedikit berbeda, yaitu pake ban mobil he he he
    tp ban mobil yangkecil siy…

    jalan2 pake andong yukkkkzzz
    kan romantis tuh berdua ha ha ha

    selamat pagi sekar ^_^

  19. nadya says:

    hihi … naik delman enaknya rame2 …πŸ™‚

  20. dulu ada di jakarta namanya delman,
    sekarang yg seperti itu namanya odong2, pakai musik segala utk anak2 naik keliling kompleks kalau sore hari sabtu atau minggu.
    salam.

  21. andong ya…. gw jg sk naik… 2000 doang

  22. D3pd says:

    Kalo di kampung halaman tercinta saya (madura) berarti “dokar” mba. Jadi inget masa kecil berkat bsekar, ^^_^^…V

  23. Asop says:

    Aduh… udah lama banget sejak saya terakhir kali naek andong…πŸ˜€

  24. Andhong itu ” DOKAR NIPPON ” yah

  25. ristizona says:

    ditempatku tegal. sudah punah kendaraan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s