Arum Manis dan Gulali

arum manis

Siapa yang tidak suka permen? Permen atau kembang gula, adalah camilan berbasis gula yang tak lekang oleh waktu dan tak pernah kehilangan penggemar. Dari anak-anak hingga orangtua sering kali tidak mampu menghindari daya tarik kembang gula yang sangat menggoda. Kembang gula terus berkembang, termasuk dalam hal rasa. Kembang gula juga bisa dibilang sebagai penganan universal. Semua bangsa mengenalnya dalam berbagai bentuk. Kembang gula adalah lambang kegembiraan.

Tentang pembuat kembang gula yang membawa keceriaan digambarkan almarhum Samuel George Davis Jr, atau lebih dikenal sebagai Sammy Davis Jr, dalam Candy Man. Lagu ini pun mendunia. Jenis kembang gula yang di masa lalu mudah ditemui di pasar malam atau di depan gerbang SD atau SMP tak lain adalah arum manis dan gulali.

Kedua jenis penganan ini berbahan dasar sama, gula pasir, namun diolah berbeda dan akhirnya menjadi bentuk yang berbeda pula. Arum manis di negeri ini โ€” disebut cotton candy atau fairy floss di belahan bumi lain โ€” adalah gula pasir yang diberi pewarna makanan kemudian dipanaskan sambil diputar.

Saat berputar, bilah bambu kecil ikut dalam putaran itu untuk menjaring ampas dari gula yang pecah dan menjadi seperti kapas yang disangga dengan bilah bambu tadi. Barangkali banyak yang belum tahu, bahwa kembang gula kapas ini sebenarnya sudah dikenal bangsa Italia sejak sekitar abad ke-15. Pada abad ke-19, pembuat kembang gula William Morrison dan John C Wharton menciptakan mesin peleleh gula pasir menggunakan gaya sentrifugal untuk mendorong penciptaan kapas-kapas gula.

Selain arum manis, gulali (bahasa jawa menyebut dengan glali) adalah makanan serba gula yang mengingatkan kita pada masa kanak-kanak. Gulali lebih mirip lolipop, meski tentu dengan rasa yang berbeda. Gulali 100 persen terbuat dari gula pasir yang dilelehkan dalam wajan besar dan kemudian dijual menggunakan wajan kecil, dibawa berkeliling dengan pikulan. Penjual bisa membuat gulali menjadi bentuk apa pun, seperti pesawat terbang, bebek, bunga, dan lainnya sesuka pesanan kita.

Kalian ada kenangan terhadap kedua penganan di atas?

66 comments on “Arum Manis dan Gulali

  1. endra says:

    kengan ku cuma dengan manisnya gula merah maklum anak kampung hahaha, jarang bgt ada pengnanan kya gitu dulu he…
    salam…..

  2. Aditya says:

    Hm… Maniez… jadi pengen makan… sayangnya gigiku sakit kalo sudah kena gula…๐Ÿ˜€. Inget masa kecil ya… oh ga banget deh dulu Ibuku protektif banget sama jajanan seperti gulali dan arum manis… katanya banyak sari manisnya lah, apalah๐Ÿ˜€ tapi its ok namanya Ibu ya harus begitu kan… I love my mom…:D

  3. yangputri says:

    yups….
    dulu aku kalo beli itu suka ngumpet2 takut dimarahi nyokap… hehehehehe…..

    • bsekar says:

      @endra : memang di kampung ga ada yg jual ya. btw, klik ke blog endra kok ga bisa ya?
      @aditya : hi..hi..giginya kok sdh diabet ya
      @yangputri : nyokap marahnya krn sayang tuh

  4. Saka says:

    hebat ya jeprat jepretnya…. hare gene tergolong susah bisa jepretin foto2 kyk gitu. koq tau aja tempat2 yg bisa menghadirkan kenangan masa kecil:mrgreen:

    • bsekar says:

      sebelah rumah ada TK, pas ada acara pentas seni kelulusan minggu lalu..kok lihat ada org jualan aru manis..

      • Saka says:

        oooooo…. puantes isi blognya masa kecil….
        biar gak kehabisan ide ya? tiap hari pasti ada
        ide buat nulis, lha wong omahe ndek pinggire TK:mrgreen:

      • KangBoed says:

        hehehe.. kalau kang SAKA bikin masa Tuwir aja kang
        Salam Sayang

  5. zfly says:

    ==> yangputri pic-nya berantakan bgt:mrgreen:

    gulali… ternyata Italia doyan juga.. Abad 15 mereka dah doyan kembang gula, hehe… kita telat ya๐Ÿ™‚

  6. rudy azhar says:

    baru baca aja saya udah ngiler mbak, soalnya makanan favorit saya sejak kecil… sampai setua ini juga saya masih doyan lho…he..he..he..

    • bsekar says:

      @zfly : sejarah coklat di itali lbh dahsyat lagi mas. sptnya mereka suka jg yg manis2
      @rudy azhar : hi..hi… suka rebutan sama si kecil nggak om?

  7. zee says:

    hehehee…..
    wah ini favorit saya bangedddd……..
    rasanya kalo makan ini tuh gak mau berhenti yaa… huehuee…….
    lam kenal yaa…

  8. alamendah says:

    Wah jadi teringat masa (kecil) dulu kalau liat 2 makanan itu…
    Yang pasti sama-sama manisnya, kayak gue (eh.. kayak sekar)

  9. WANDI thok says:

    Pokoke nek dolan mrene dadi kelingan kabeh jaman cilik
    (Pokoknya nekjika dolan ke sini jadi inget semua jaman anyak-anyak yah)๐Ÿ˜€ 4rum m4n15e sekarang masih ada nggak ya penjualnya.๐Ÿ™„

  10. memang kenangan masa kecil begitu indah..mulai dari makanan sampai permainan….Akankah makanan dan permainan masa kecil dulu tetap ada hingga akhir jaman?….Ok salam kenal ya

  11. Jaya says:

    saya punya kenangan buruk dengan kembang gula ini, kalo minta dibelikan ama mamakku gak pernah dikasi… apa pas lagi gak ada duit ya…

    • bsekar says:

      @zee : lam kenal. sy sdh kunjung balik loh
      @alamendah : masa sy maniz hiks…
      @wandi thok : maturnuwun pak sdh ditranslte ke b. indo he..he… yg jual msh ada. pic di atas sy yg ambil loh
      @iwan s : trm ksh tlh berkunjung
      @jaya : lagi2 di emak melarang anaknya ya…

  12. zulhaq says:

    sampe sekarang gw masih suka iseng tuh beli arum manis
    *memalukan* ha ha ha ha

  13. ammadis says:

    Iyya…masih nih…

    Cuma sekarang rada ngeri juga…dengar2 ada yg pake sumba / pewarna kain sehala yaa…

    waduh…

  14. D3pd says:

    saya ngga mau ah, nanti gigi saya jadi sakit lalu ngga ada dokter spesialis yang mau nerima konsultasi kesakitan gigi yang saya rasakan…^_^…V

  15. jengsri says:

    wah jadi inget jaman sd neh

  16. Wew..
    Jadi inget pas gulali..
    Dibentuk jadi burung2an..
    Yg isa ditiup n berbunyi..
    Lalu langsung dicaplok..
    Hehehe..
    Met happy weekend aja ya mas..๐Ÿ˜€

  17. gua paling suka …๐Ÿ™‚

    tapi kalo kebanyakan, gigi saya menjadi sakit..huhuuhuuh…
    makanya waktu SD ngumpet2 beli nya heee….๐Ÿ˜€

  18. bsekar says:

    @zulhaq : “org sinting” tahu malu? hua..ha…ha..
    @ammadis : pewarna kain? ngeriii…
    @d3pd : nunggu sy jd drg aja ya?
    @jengsri : ingat yg lain ga jeng?
    @artasastra : pdhl sebelumnya ditiup2 oleh mamang penjual ya bang?

  19. zulhaq says:

    sebenarnya siy nggak tau malu dan nggak pernah malu
    tapi berhubung disini tempatnya cewek cakep, jadi harus sedikit malu dunk hi hi hi…

  20. enda says:

    ketauan dech yang suka jualan arum manis.he3x
    kirain bkn orangnya z yang manis ternyata suka makanan manis jg.he3x

  21. chekape says:

    nyokap gw ga pernah kasih tuh,, dlu gw beli ngumpet2 hee

  22. T. Wahyudi says:

    artikel anda disini mengingatkan saya waktu kecil mbak… sering cari barang bekas… buat di tuker gulali….

    pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan mbak…๐Ÿ˜€

  23. Waktu kecil suka banget. tp sekarang masih suka seh. tp takut sakit gigi๐Ÿ˜€

  24. fanz says:

    jadi kangen makan gulali
    sekarang dah jarang orang yang jual

  25. wellsen says:

    itu favorit saya juga, pas masih kecil..
    udah berapa taon ya, gak makan gulali..
    hahaha
    (nostalgia mode : on ๐Ÿ™‚ )

    • bsekar says:

      @enda : yg maniz mkn maniz stlh makan arum manis
      @chekape : nyokap sayang banget ke anaknya tuh
      @twahyudi : trm ksh mas atas apresasinya
      @wahyu ยข wasaka : giginya sakit banget ya
      @fanz : silakan berburu
      @wellsen : klo skrg, apa favoritnya?

  26. zulhaq says:

    selamat bermalam mingguan sekar

  27. tukang komen says:

    waduh ngingetin waktu sd dulu ada kenangan dimarahi pedagang arum manis gara gara jatuhin payungnya… he..he..

  28. abrus says:

    gulali…jajanan kesukaan aku waktu kecil..๐Ÿ˜€

  29. sugiman says:

    aku suka gulali dengan bentuk yang dibuat sipenjual, bisa sepeda, sempritan bentuk burung, duit2an…sekarang dimana ya bisa makan gulali?

  30. waaa….
    jadi inget masa kecil gw nih…
    yang selalu nangis kalo ga boleh beli itu, cz kata mama, nanti bisa sakit๐Ÿ˜ฆ

  31. bsekar says:

    @zulhaq : wih..dasar..
    @tukangkomen : nakal jg ya
    @abrus : skrg msh ga mas?
    @sugiman : ada tuh dekat rumah sy
    @pakdhe wicak : skrg kan ga dimarahi lg kan?

  32. irawan says:

    kembang gula….๐Ÿ™‚ jd inget jaman SD dulu he…he…. dulu suka beli jg kalo pas lagi ada acr tujubelasan ato apa aja biasanya byk yg jualan….

  33. warm says:

    wahhh ini mah makanan favorit saya, sampe skarang,
    kadang sampe berebut ama anak saya hihihi

  34. Riffy says:

    wah, skarang uda jarang nemuin. palingan klo ada pasar malam doank.

  35. sheilajrina says:

    gulali = ilfeel
    bkin gulalinya kan diplintir2 pke tangan abangnya. tangan abangnya kan jorok. >.<
    *dari kecil mikirnya udah gitu loh. hha*

  36. bibit m says:

    Itu mbak Galuh ikutan ngriyung gak … antri sama anak2 kecil? Om suka gulali kapas yg diputar itu. Tp yg kentel dicap bebek, manuk, montor, boyo … om gak seneng … terlalu maniz … (kaya’ om).
    Kalo es yg di-gosrok (serut) terus dicetak ditutup gelas + dikasih gula (merah & hijau) pernah beli gak mbak Galuh? Coba tanya babe!

  37. hanif says:

    Arum manis? Ah jadi ingat betapa manisnya diriku saat lihat di depan kaca, he he he narsis mode ON

  38. bsekar says:

    @irawan, warm, riffy : cari lagi pasti ketemu kok
    @sheilajrina : gw jg gak mau gulali krn joroknya itu plus ditiup2 sm si emangnya…๐Ÿ™‚
    @dita : sdh tak ksih tau kok tante
    @bibit m : sy mpe tanya ke papa sy cerita tentang galuh loh om… eh, malah didongengin lakon sekartaji kelara-lara hi..hi… nah, es serut ini bisa jd postingan deh..
    @hanif : kacanya mpe pecah ya๐Ÿ˜›

  39. abrus says:

    bsekar : “skrg msh ga mas?…”

    @abrus : “skrg lg ‘riset gulali … dik..๐Ÿ˜€

  40. CatatanRudy says:

    Yg paling ku suka itu arum manis.. Sudah harum, manis lagi… Wkakakakak…

  41. anny says:

    hmmmm itu jajanan yang paling disuka Sekartaji kecilku๐Ÿ™‚

  42. purwaka says:

    teringat waktu kecil , sering dibeliin๐Ÿ˜€

  43. Jadi inget waktu SD dulu,….

    mampir untuk pertama kalinya disini.

  44. Hariez says:

    wahh..udah jarang liat yang jualan gulali kira-kira masih sama ga ya rasanya ??๐Ÿ˜€

    -salam- ^_^

  45. kunjungan malam dan nupang baca sebentar

  46. bsekar says:

    @catatan rudi : lucu ya arum manisnya
    @anny : aduh tante, slmat datang kembali
    @purwaka : sekarang gantian beliin dong
    @Seti@wan Dirgantara : ditunggu kedatangan ke2 dst pak
    @hariez : boleh tuh dibandingin rasanya
    @penjelajah dunia maya : silakan

  47. wahyu says:

    kembang gula. secara harfiah kata ini rancu, sebab tidak pernah gula mempunyai kembang.

    Kembang gula diduga pertama kali dikenal sekitar abad 17, terkait dengan pendirian pabrik gula. dibawa pertama kali oleh Belanda.

    Gulali.. kembang gula yang pertama kali saya kenal. Dulu Ibu saya sering melarang mengkonsumsi gulali. “jorok..”, katanya. mengacu pada pembuatan (pembentukan) gulali dengan tangan yang tidak pernah dicuci sekalipun sehabis.. maaf, pi**s.. ๐Ÿ™‚

    salam kenal

  48. kenangamu says:

    hallow Sist..
    Kenanga sudah kembali ke Istana
    lama tak bersua yah.
    kayanya ketinggalan kisah masa kecil nih…
    apa kabar Sist??

  49. jidat says:

    wah jadi teringat dulu /… sering ke alon2 cuma mao beli ntuh makanan.. hoiii

  50. og4y says:

    wah dulu sih makanan ini belinya kalo ada acara2 musik, atau ga Prj,,prj an.. dulu ngeliat makanan ini kaya aneh banget.. tapi,,beuh! sekali menjilatnya..udah deh..LANJUT teruuusss!!!

  51. adipati kademangan says:

    aduuhhh enak banget itu kembang gula, saya sekarang aja masih suka

  52. tikno says:

    mengunjungi blog ini membuat saya jadi teringat kenangan masa kecil.

  53. Rivanlee says:

    ah ini makanan saya dulu waktu kecil . hihihihi menarik

  54. bsekar says:

    @wahyu : tul mas, tukang gulali emang jorok abis…๐Ÿ˜›
    @kenangamu : ntar lg q berkunjung sist. sukses kan ujiaanya?
    @jidat : alon2 waton kelakon dong๐Ÿ˜›
    @og4y : asiikkk…
    @adipatikademangan : wah, ini pembaca setia saya nih..
    @tikno : blog ini mmg untuk mengenang masakecildulu om
    @rivanlee : sekarang bgmn?

  55. nadya says:

    hiks, dulu sering dibeliin arum manis ma kakek ….
    gulali malah belum pernah nyicipin

  56. wa…hh kalau yg satu ini sih,
    sampai sekarang masih suka.
    cuma sudah agak susah juga nyarinya
    harus ke pasar dulu baru ada,
    yg lewat didepan rumah nggak ada.
    pas kepasar beli yg banyak,
    masukin stoples.
    salam.

  57. mas stein says:

    saya nyaris ndak kenal yang beginian mbak, wong dulu masa kecil saya di kampung ndeso pelosok tenan. taunya gulali kemaren waktu ada festival malang kembali, dibeliin sama istri saya๐Ÿ™‚

  58. muam says:

    mba..numpang mampir yah..
    waduh..gulali dan arum manis?…
    nyummy…kalau gulali, saya gak begitu peduli dengan bagaimana prosesnya,,yang penting langsung saya santap dgn bentuk2 yg lucu sesuai request..wahaha…
    kalo arum manis, seneng lihat “keajaiban” masin perubah gula menjadi kapas yg bisa dimakan..
    oh..jadi kangen masa kecil..
    hehehe

  59. Hariez says:

    sampe sekarang masih banyak ga ya..??

    -salam- ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s