Vaksinasi Polio dan Cacar

suntik

gambar diambil dari sini

Sepertinya, masakecildulu masalah kesehatan rakyat sangat diperhatikan oleh pemerintah. Saya ingat, waktu itu ibu mengajak adik saya ke Posyandu untuk ikut Pekan Imunisasi Nasional (PIN) adalah Pekan di mana setiap balita termasuk bayi baru lahir yang bertempat tinggal di Indonesia diimunisasi dengan vaksin polio, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Pemberian imunisasi dilakukan 2 kali masing-masing 2 tetes dengan selang waktu satu bulan. 

Pemberian imunisasi polio secara serentak terhadap semua sasaran akan mempercepat pemutusan siklus kehidupan virus polio liar.  

Pemberian imunisasi 2 kali dengan interval 1 bulan akan memberikan kekebalan rongga usus selama 100 hari. Dengan pemberian serentak kepada seluruh balita di Indonesia terjadi penekanan serentak terhadap berkembang biaknya virus polio liar apabila masuk ke dalam usus. Di alam bebas, virus akan bertahan hanya selama 48 jam. Oleh karena itu pemberian serentak pada seluruh balita merupakan kunci keberhasilan memutuskan rantai penularan.  

Pemberian imunisasi polio pada waktu PIN di samping untuk memutus rantai penularan seperti penjelasan di atas, juga berguna sebagai booster atau imunisasi ulangan polio.

Selain itu, bagi murid SD dilakukan vaksinasi cacar. Ketika Pak Guru memberikan pengumuman, terutama murid perempuan pada menjerit ketakutan membayangkan sakitnya disuntik.

Sampai sekarang, di lengan tangan saya masih ada bekas suntikan itu. Kalau mengenang proses penyuntikan sungguh mengerikan. Kami antri panjang untuk disuntik oleh tenaga medis Puskesmas yang datang ke sekolah. Kalau ada teman yang menangis saat disuntik hati saya deg-degan. Dan suntikan itu memang sangat sakit, terasa panas….

Apakah waktu itu kalian berani disuntik?

21 comments on “Vaksinasi Polio dan Cacar

  1. hanif says:

    Berani dong, dan bekasnya masih ada di tangan kiriku

  2. dafhy says:

    alhamdulillah berani mbak🙂

  3. achoey says:

    saya inget waktu SD
    tau mau di suntik, saya lebih memilih bolos sekolah🙂

  4. mas stein says:

    sampe sekarang saya takut suntik😆

  5. adipati kademangan says:

    setelah disuntik kebanyakan di lengan berbekas, dan layak dibanggakan. namun lenganku tidak😦 .

  6. dedekusn says:

    Berani… sekarangpun berani… apalagi kalo yang nyuntinnya yang punya blog🙂

  7. Diriku juga waktu dulu berani, tapi kok ngak ada bekasnya kayak orang2 yah… >__<

    Wow, blog ini diupdate tiap hari ternyata yah.. hebat, yang punya rajin ^___^

  8. purwaka says:

    indonesia tetep SEHAT😀

  9. sehatkan Indonesia.. go Green!!! Lhohh?!!?!?!

  10. yangputri says:

    Sempet lg jaman SD disuntik wadoow ampyuun sakitnya

  11. sof says:

    berani gak berani harus mau, soalnya dipaksa….

  12. zulhaq says:

    wah kalo ini mah gw kabur, gw lari ter kecning kencing!!!
    bolos, pokoknya tak ada tempat unutk jarum deh….

  13. morishige says:

    berani dong.😉
    yang saya ingat, waktu kelas 1 suntiknya lebih kecil dari kelas 3 atau kelas 4 atau kelas 5… udah lupa..
    deg2an juga sih sebelum disuntik. hawanya langsung berubah jadi lain waktu petugas2 medisnya masuk ke kelas bawa-bawa termos berisi jarum suntik…:mrgreen:

  14. duuu…….h paling takut waktu disuntik cacar.
    disuruh antri, tapi……………makin dekat giliran makin deras airmata ketakutan.
    aaakh…kenang2an yg tak terlupakan.
    salam.

  15. muizz says:

    🙂
    dulu sempat melarikan diri, tapi akhirnya tetap kena.🙂

    haduu…

  16. chekape says:

    gw kabur,, pada sat mw di suntik,,,

  17. Den Mas says:

    Selain itu, bagi murid SD dilakukan vaksinasi cacar. Ketika Pak Guru memberikan pengumuman, terutama murid perempuan pada menjerit ketakutan membayangkan sakitnya disuntik.

    wakakakak…
    asli ngakak aku kalo ingat ini. Malah ada yang sampai bolos waktu itu (aku juga ikut bolos😀 )

  18. bash achmad says:

    branilah..palagi yang nyuntik cuantiikk… tuh masih ada di pangkal lengan kiri bekasnya… lebar lagi. Punya kamu ada gak?

  19. Teh' dita says:

    Em..
    Aq sich brni,,
    skrg..

    Dulu?

    Aq prnh pingsan
    gra2 mw dsuntik.
    Hahaha..

    Skrg aq dah skul kbidanan..
    So,
    sp yg mw dsntik ama bidan cantik?😉

  20. nurhadi says:

    sodara ane kena cacar,ane blm pernah kena cacar.
    Dulu pernah imunisasi di sekolh dasar,mga ja itu imunisasi cacar. Ane tkt ketularan gan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s