Gombloh – Penyanyi Balada

gombloh berita cuacaGombloh yang nama aslinya Soedjarwoto Soemarsono ini pernah jadi idola para pecinta music di tanah air era 70 – 80an lalu.  Gombloh adalah pencipta lagu balada sejati. Kerja samanya dengan Leo Kristi dan Franky Sahilatua di kelompok “Lemon Trees” membuatnya dekat dengan gaya orchestral rock. Kalau istilah sekarang, dalam lagu-lagunya Gombloh menggambarkan kehidupan pro-rakyat kecil, di antaranya Doa Seorang Pelacur, Kilang-Kilang, Poligami Poligami, Nyanyi Anak Seorang Pencuri, Selamat Pagi Kotaku. Dia juga menulis lagu tentang alam, seprti halnya Ebiet G. Ade atau Iwan Fals. Lagu-lagu cintanya cenderung aneh dan keluar dari pakem asmara semacam lagu Lepen singkatan dari “lelucon pendek”. Di lagu ini ada syair yang terkenal sampai sekarang : kalau cinta sudah melekat, tai kucing rasa coklat.

Selain itu lagu-lagu ciptaannya juga bertema nasionalis, seperti Dewa Ruci, Gugur Bunga, Gaung Mojokerto-Surabaya, Indonesia Kami, Indonesiaku, Indonesiamu, Pesan Buat Negeriku, dan BK (lagu yang bertutur tentang Bung Karno). Lagunya yang berjudul Kebyar Kebyar sampai sekarang menjadi semacam lagu nasional yang sering diperdengarkan untuk membangkitkan nasionalisme.

Ia pernah pula merilis album berbahasa Jawa (cover kasetnya patung dirinya) dengan lagu andalan Sekar Mayang atau Hong Wilaheng, liriknya yang diambil dari Serat Wedhatama.

Gombloh meninggal dunia di Surabaya pada 9 Januari 1988 setelah sekian lama menderita penyakit. Tubuhnya yang kurus memang banyak menyimpan berbagai penyakit, ditambah kebiasaan merokoknya yang sulit dihilangkan. Namun ia pantang menyerah, karena itulah ia mampu bertahan hidup cukup lama, meskipun dengan tubuh yang berpenyakitan.

Inilah album-album lagu yang dibuat oleh Gombloh :

  1. Nadia dan Atmosphere (1978)
  2. Mawar Desa (1978)
  3. Kadar Bangsaku (1979)
  4. Kebyar Kebyar (1979)
  5. Pesan Buat Negeriku (1980)
  6. Sekar Mayang (1981, berbahasa Jawa)
  7. Terimakasih Indonesiaku (1981)
  8. Pesan Buat Kaum Belia (1982)
  9. Berita Cuaca (1982)
  10. Kami Anak Negeri Ini (1983)
  11. Gila (1983)
  12. 1/2 Gila (1984)
  13. Semakin Gila (1986)
  14. Apel (1986)

22 comments on “Gombloh – Penyanyi Balada

  1. Ugie says:

    wah, jadi pengen dengerin lagu2 gombloh. sempat nemu kaset gombloh dulu… banget. waktu itu pas di rumah paman. beberapa lagu yg masih kuingat: dilidam bo… (yg lagunya >> kalo asmara… sudah melekat… mengikat erat, persis ketupat…) ; berita cuaca (yg lagunya >> lestari alamku… lestari desaku…); setengah gila; hey kamu; de el el. pokoke itulah.

  2. achoey says:

    lagu2 gombloh itu enak di dengar
    saya suka🙂

    http://sangsahaja.blogdetik.com

  3. zfly says:

    hemm… kunjungan balasan nih Sekar🙂

    well.. kupasan yg menarik tentang seorang Gombloh, seniman musik rakyat. lagu2nya memang bagus dan menyentuh kehidupan indonesia. salut.

  4. bocahbancar says:

    Saya suka lagunya Gombloh yang Kebyar-Kebyar..

    Kebyar-kebyar ke langittttttt JIngggaaaaaaaa…..😀

  5. dikanewbie says:

    ini mah lagu nya sebelum saya lahir .. hehehehe .. udah lama bgt ya lagu nya

  6. KangBoed says:

    setengaaaaaaaaah gilaaaaaaaa.. mantaaaabs surantaaabs.. nggilani yaaaaaa…
    Salam Sayang

  7. trieand says:

    kayaknya aku juga pernah denger nama gombloh waktu masih kecil tp aku dah lupa lagunya tuh… maklum lupa-2 ingat, liat fotonya jadul banget ya…

    salam kenal mba sekar…

  8. Joddie says:

    salam kenall…

  9. teadonk says:

    meskipun sekarang tahun 2009 tapi laginya ngga kalah sama yang sekarang

  10. bsekar says:

    @ ugie : cover kaset yg jd ilustrasi postingan ini punya papa sy, selain cd rekaman ulang. lagu2nya sy hapal dikit krn kbtln suka ikut dengerin klo papa nyetel gombloh
    @ achoey : sepakat!🙂
    @ bocahbancar : ntar nunggu 17an..silakan tampil di pentas he..he..
    @ dikanewbie : ho-oh..
    @ kangboed : nggilani = njijiki, nggak?
    @ triend : salam kenal jg. klo lagu di radio..aku dengar.. dst ini jg lagunya gombloh, bbrp thn sblm dia meninggal
    @ joddie : slm kenal balik
    @ teadonk : lagu2 dulu liriknya sederhana tp berkualitas

  11. WANDI thok says:

    Wew, jan brilian tenan kok mbak Sekar ki. Masa lalu Gombloh aja masih inget, apalagi masa lalunya sendiri😀 Aku ijik menangi jamane Gombloh mbak. Sayange durung nduwe sepatu Warior😀

  12. bsekar says:

    @ hi..hi… sy mesti ke google translator dulu biar tau pak Wandi komeng apa…😆

  13. zulhaq says:

    ketinggalan jadoel niy, ketinggal info maksud gw
    baru tau kalo nama aslinya “Soedjarwoto Soemarsono”
    kirain namanya paijo pa sapa gitu ha ha ha ha

    salam sahabat ^_^

  14. saya suka lagu yg no. 4 dan no. 7.
    menyiratkan kecintaan pd tanah air yg begitu kental.
    salam.

  15. bsekar says:

    @ zulhaq : he..he.. sy jg baru tahu kok..🙂
    @ bundadontworry : merdeka, bun!!!

  16. zulhaq says:

    sma sama baru tau dunk kita….
    hidup baru!!! hi hi hi

    salam sahabat…

  17. pakwo says:

    saya dulu termasuk penggemar gomblog

  18. bibit m says:

    Masih kecil kok minta dibeliin kaset …. itulah, “Berita Cuaca” Gombloh, kaset yg pertama kali kumiliki … “Lestari alamku lestari bojoku, eh … lestari desaku …”

  19. in u says:

    gombloh 4 ever……….
    sank legenda nasionalis……..
    tetesan air mata mengenang sang legenda…….

  20. Teguh $antoso says:

    I Luv You Full

  21. Him Sugiyarto says:

    Bagi yg punya kasetnya/per album aku mau. Volume 1-10. Tak bayar wis. sgr ya….

  22. fery says:

    kebyar-kebyar !! mestinya sdh menjadi lagu kebangsaan yg wajib dan sdh diakui oleh pemerintah . @ sekarmayang adalah tembang yg sarat dngan tuntunan . . . . . . .. . . Hormat slalu buat sang Legenda musik Indonesia. . . . . .GOMBLOH.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s