Suzanna, si Ratu Horor

suzana

Jika di suatu malam jumat Anda berjalan di tempat yang sepi, Anda was-was akan bertemu dengan sundel bolong atau kuntilanak, Anda membayangkan mirip wajah siapa si sundel bolong atau kuntilanak itu? Kalau Anda membayangkan wajah Suzanna, mirip dengan apa yang saya banyangkan. Siapa yang tidak kenal dengan Suzanna, bintang film spesial horor di era 80an lalu.

Suzanna Martha Frederika van Osch populer dengan nama Suzanna adalah bintang film Indonesia yang berkecimpung di dunia layar perak sejak tahun 1950-an hingga 1990-an. Wanita bergelar “The Queen of Indonesian Horror” ini popular lewat film-film panas dan mistik seperti Bernapas dalam Lumpur (1970), film legendaris Beranak Dalam Kubur (1971), Pulau Cinta (1978), dan Ratu Ilmu Hitam (1981) dan lain-lain.

Karirnya berawal saat memenangkan kontes “Tiga Dara” dan diaudisi oleh Usmar Ismail. Gadis muda berjulukan The Next Indriati Iskak ini berhasil memukau penonton lewat Asrama Dara dan meraih banyak penghargaan, di antaranya The Best Child Actress (Festival Film Asia, Tokyo, 1960), dan Golden Harvest Award. Bungsu dari lima bersaudara yang berdarah Jerman-Belanda-Jawa-Manado ini juga meraih gelar Aktris Terpopuler se-Asia saat Festival Film Asia Pasifik di Seoul tahun 1972.

Sayangnya popularitas Suzanna justru diraih dari film-film panas dan mistik, seperti Bernafas Dalam Lumpur dan Bumi Makin Panas serta Pulau Cinta (1978) dan Ratu Ilmu Hitam (1981) yang membuatnya menjadi nominator FFI untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik. Suzanna berhenti bermain film di awal tahun 1990-an. Di tahun 2003, di usianya yang menginjak 61 tahun Suzanna berbinar lagi di sinetron Selma dan Ular Siluman yang ditayangkan Indosiar.

Anda suka melihat film-film Suzanna yang lain seperti seri Kuntilanak, Nyi Blorong atau Ratu Kidul?

50 comments on “Suzanna, si Ratu Horor

  1. Joddie says:

    Whuaha… hiiiii… jadi mrinding kalo denger nama ini.. mengingatkan aku dgn pilem2 horor waktu kecil dulu… hiiiiiii

  2. made gelgel says:

    merinding kalo denger namanya, hiiii

  3. muam says:

    kalo masih kecil..ditakut-takuti oleh sundel bolongnya….
    cirikhasnya tertawanya..
    hihihihihihi…..
    trus, ada sudara serigalanya…auuuuu…..
    hahahaha…

  4. abrus says:

    Saya kurang suka melihat film-film Suzanna … apalagi saat2 terakhir hayatnya…miris…!?

    Saya lebih suka lihat *brilian sekartaji…dalam postingan *masakecildulu… :D

  5. Den Mas says:

    Wuih, jadi ingat dulu kalau nonton layar tancep di lapangan desa :mrgreen:
    Wah, pilem2nya apa aja yah dulu? Biasanya pilem pendekar2 gitu, saur sepuh, terus pilem ini juga

  6. chekape says:

    ga ada yg bisa gantiin susana ” sundel bolong ”
    spookie abies

  7. alamendah says:

    Perannya yang jadi sundel bolong ataupun Nyi Roro Kidul gak tergantikan…

  8. D3pd says:

    Iya, kini si clif sangra telah menikahj lagi ya, padahal waktu itu bersedih dan menangisi suzanna, LOH KO’ JADI GOSIP, ^_^…V chayoo MERDEKA

  9. sinahu nulis says:

    ihhhhh….. serem banget. jadi atut nih.

  10. moh karis says:

    niat pengen blogwalking, e… malah liar sosok serem. Jadi takut nih, gue cuma bisa ninggalin komen ini.

    komen balik yach

  11. Septa says:

    dulu sih gue akuin tu film2 nya dia kren, tapi sayang lama2 kegeser sama pendatang2 baru… tapi satu kata deh buat dia…. SEREEEEM

    Salam

  12. nakjaDimande says:

    Sekaarrrr..!!! pasti mau nakut”in bundo yaa..

  13. yusupman says:

    Nyi blorong dan laut kidul suka banget tuuuh..seru..serem..

  14. zenteguh says:

    Liat2 filmnya Suzanna emang serem, tapi juga seneng karena ada si boker, eh bokir dan dorman ha..ha..

  15. Pakacil says:

    waduh.. matanya bikin kaget pas loading gambar :D

  16. Angga Franniko says:

    wuuuaaaa… takuuuttt….!!

    kabuuurrr….!!!
    :-P

  17. Deka says:

    Ngeliat fotonya aja jadi akuuuuuuuuuuut…

  18. henny says:

    nah lo…fotonya lagi melotot. takut ah!

  19. hanif says:

    Kalau lihat horor Indonesia dari dulu sampai sekarang tidak banyak yang berubah. Kisahnya cuma dimodifikasi sedikit saja. Mudah ditebak. Semoga saja akan lahir tokoh horor yang melebihi Suzanna didukung oleh skenario yang lebih hebat.

  20. kupatahu28 says:

    Gile itu foto horor banget, tatapan mata nya bikin gw pengen ngibrit…

    Pengen Tau Gue..???

  21. saya nggak suka dgn film2 horor, yang kebanyakan ceritanya nggak jelas, hanya sekedar menakut2i, padahal bukannya takut, malahan lucu dan geli jadinya.
    Salam.

  22. D3pd says:

    Saya suka dan saya taruh linknya diblognya D3pd ya, ^_^…V

  23. teadonk says:

    ngeri……coz sy takut film holor

  24. bibit m says:

    Hiii … tatut … tatut … kaya’ Cahya (anakku) klo lihat kecoak. Blm ada gantinya tuh mbak Suzanna. Galuh mo gantiin?
    NB: ini oleh2 utk ayahmu, dongeng Damar Wulan vs Menak Jinggo

    sun iki dhutaning nata
    (aku ini utusannya raja)

    prabukenya Majapahit
    (raja putri Majapahit)

    kekasih Damar Sasangka
    (nama-ku Damar Sasangka (= Damar Wulan))

    atma mantune ki patih
    (anak menantunya tuan Patih)

    magang anyar awak mami
    (diriku baru saja kerja)

    lahta bisma praptaningsun
    (seperti Bisma kedatanganku)

    ingutus Sang Narpendah
    (diutus sang raja/ratu elok rupa (=Kencana Wungu))

    kinen mocok murdantaji
    (disuruh memengal ”murdatanji” ? (mungkin nama lain Menak Jinggo))

    marmaningsun ingutus ywa
    (untuk itulah aku segera diutus)

  25. perigitua says:

    haddiirrrr….
    sore2 mengunjungi sahabat, tuk memohon maaf dan mengharap kemurahan hati sahabat tuk sekedar memaafkan segala kesalahan yang telah aku perbuat.
    Mari kita luruskan niat, sucikan hati, semoga Ramadhan dapat mengantar kita kembali fitri
    cu….
    note: sorry.., komenx-nya ntar aja ya…..

  26. KangBoed says:

    Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  27. yusupman says:

    Buat “Masa kecil dulu”..rekan2 bloger smua..
    Menyambut datangnya Bulan suci Rhamadan dengan kerendahan hati, saya menyampaikan maaf apabila ada salah kata dan makna dalam omong atau omeng ( baca:coment ),di nuansa Rhamadan yg penuh rahmat,yang smoga mendapatkan limpahan berkah dan ampunan Allah atas amal kebajikannya.Kebersamaan Qta slama ini meski di dunia maya,tidaklah ada yg sempurna mesti ada celah salah,karna tak ada gading yg tak retak.
    Selamat datang Rhamadan,Ahlan wa shahlan Ya Rhamadhan.

  28. Septa says:

    Ahlan Wa Sahlan Yaa Syahra Ramadhan..
    SELAMAT MENJALANKAN IBADAH SYAUM,MOHON DIMAAFKAN ATAS SEGALA DOSA, KESALAHAN DAN KEKHILAFAN

    Salam

  29. Zulhaq says:

    jangankan ngikutin ceritanya, liat mukanya aja dah serem bgt
    semoga beliau tenang di alam sana amien…

  30. Hariez says:

    malam Sekar..hingga kini nama besarnya selalu melekat bagi pecinta film horor di tanah Air, apa Sekar juga termasuk..??

    Marhaban Ya Ramadhan..Mohon maaf bilamana Ada kata-kata yang menyinggung ataupun menyakiti baik sengaja ataupun tidak disengaja..mari sambut Ramadhan ini dengan hati yang bersih :D

    -salam- ^_^

  31. whuaaaa…. ngagetin aja, matanya Suzana, melotot getoh…

  32. alamendah says:

    marhaban ya Ramadan.
    Sambut dengan kebersihan hati untuk menggapai kemenangan hakiki

  33. kupatahu28 says:

    Tidak ada salahnya menjelang bulan suci ramadhan ini bermaaf maafan, maka dari itu maafkan lah daku atas segala tindakan dan ucapan yang tidak mengenakan.
    Marhaban Yaa Ramadhan… ^_^

  34. Ade Bayu says:

    Bang, pesen mie gorengnya satu Bang.. (dikatakan dengan gaya khas Suzanna)…

    Suzanna adalah salah satu artis yang mempunyai ciri khas.

  35. Ade Bayu says:

    Bang, pesen mie gorengnya satu Bang.. (dikatakan dengan gaya khas Suzanna)…

    Suzanna adalah salah satu artis yang mempunyai ciri khas.

  36. ria_imel says:

    @serem amat suzanna nya>>>
    ihhhhhhh takuttttttt

  37. irawan says:

    sorot mata yang tajam….setajam silet… :D

  38. lolo says:

    kangn nih,,,, pengn kecil lagiiiiiii../ hiks…

  39. ardhina says:

    huuuf,,, hiii…serem..

  40. maiiank says:

    hhihihihihihihi
    akkoe jadi atuuuuttt negh
    heheheheheh

  41. shella says:

    sremmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm buangetttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

  42. cah cilacap says:

    ratu pantai selatan…………….susana………….sundel bolong

  43. Dewi Cp Wie Chin says:

    Ga ada yg bisa gantiin dia tuh…udh cakep…brilian lgi…

  44. Dewi Cp Wie Chin says:

    Sosok dan lakonan brilliannya gak bisa tergantikan…aq ngefans berat tuh sama dia.aq bangga punya aktris kesayangan ky dia.klw bisa aq pengen jdi anak angkatnya….

  45. ira says:

    pengen ketemu sama bunda suzzana deh

  46. Pokok.e susana aku ngefans
    .jalok cekelane

  47. seremmmm kalu lihat film susana

  48. aku ingn punya wjh sprti suzana yg cntik..
    wakkkkk..
    by mince.

  49. cokicokiss says:

    salut bwt bunda Suzzana, pantes dijulukin queen of indonesian horror aktris,soalnya mnrut gue tampangnya bunda Suzzana dulu mudanya ckep trus sdikit manis tpi klo pas lgi adegan jdi sundel bolong lmyan bikin merinding.hihihi
    tpi sayangya bunda skrng dah ga ada.smoga arwah bunda tnang dan dtrima disisinya.amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s