Setrika Jago

setrika jago3

gambar diunduh di sini

Salah satu cara untuk menghaluskan pakaian dengan disetrika. Kali ini saya ingin mengajak Anda mengenang jenis setrika yang cara memanaskannya dengan memasukkan arang panas membara. Model setrika ini di ujungnya ada kunci pengait yang berbentuk ayam jago (lihat gambar).

Saya sendiri belum pernah menggunakan setrika jago ini. Untuk referensi tulisan ini, saya harus bertanya kepada ayah dan ibu saya, yang masakecildulu mereka pernah menjumpai setrika jenis ini. Cara menggunakan setrika ini, pertama buka pengait kemudian masukkan arang dan bakarlah arang itu. Agar arang cepat membara, perlu dikipas-kipas. Setelah panas, tutup kembali dan setrika siap digunakan. Setrika jenis ini dibuat dari baja atau kuningan yang beratnya berkali lipat dibandingkan setrika yang menggunakan listrik. Sengaja dibuat berat, agar tekanan ke kain yang disetrika menjadi maksimal.

Kalau panas arang mulai berkurang, buka setrika lalu kipas-kipas lagi dan sekaligus bisa diisi arang yang baru. Kalau sedang menyetrika terasa keset, alas setrika bisa dioleskan terlebih dahulu di atas daun pisang. Sungguh tidak praktis setrika jaman dulu, ya?

36 comments on “Setrika Jago

  1. Septa says:

    jadi inget seragam SMA saya yang dulu bolong karena percikan arang yang jatuh dari itu setrikaan… he he

    Salam

  2. Septa says:

    Ketigaxxxx… “hehe maruk ya diriku”

  3. kupatahu28 says:

    Wuidih nih setrika emang berat, gw aja dl (waktu sd) nyoba ngangkat pake 2 tangan sampe ngeden2..

  4. kupatahu28 says:

    Kelimaaax…
    Huuh.., pertamax nya di tenggak septa euy.. (halo cuy…)

  5. Jaya says:

    eh, strika ini masih ada nggak ya di rumah…? Moga aja masih ada di gudang

  6. D3pd says:

    Selalu jadi inget dirumah deh, masih sempet pake ko (berguna kalo lagi lampu padam), ^_^…V

  7. Acha says:

    wah.. setrika ini tentunya hemat energi ya… masih adakah setrika kaya gini di pasaran?
    _salam anget_

  8. alamendah says:

    maaf (tak bosan-bosannya) nitip pesen buat semua penghuni dunia maya: “sudahkah ikutan vote dan MENDUKUNG PULAU KOMODO SEBAGAI 7 KEAJAIBAN DUNIA?

    ===

    inget jaman sekolah (waktu tuh di desa saya belum ada listrik)
    tiap mau setrika kipas-kipas dulu….

  9. abrus says:

    setrika cap jago… *pelicin baju jadul… populer di zamannya… :)

  10. genial says:

    jadi inget nenek saiia waktu di kampung dulu… sekarang emang sii uda tiada, baik nenek saiia nya maupun setrikaan nya… hiks hiks hiks…

  11. Den Mas says:

    Huaaaaa…
    asli, jadi inget masa lalu :D
    kalau setrika nggak bisa satu2, masalahnya sayang dengan arangnya. Terus, pas bakar-bakar arang, lamaaaaaa banget baru setrika. Bantalannya pake daun pisang, biar bau pakaiannya harum hehehe…
    kayaknya setrikaan kayak gini masih ada deh di rumah, tapi di mana yah? cari aaahh… buat pajangan di kamar :D

  12. sakurata says:

    Jadi ingat masa SD, pertama kali makai ini setrika pas mau lomba cerdas cermat P4 . Kawan satu ini memang jago menghadirkan masa-masa lalu yang kadang bikin kita terharu, bahagia, bangga. Saluto !

  13. kawanlama95 says:

    ya begitulah jaman baheula, wah sampe tahun berapa ya strika tersebut.?sekarang masih ada yang pake ga

  14. hihihi…setrika jaman jepang masih ada…..
    jadi inget jaman dulu….
    jadul emang oke..

  15. tuyi says:

    setrika kakek gw…..
    salam kenal..

  16. indra1082 says:

    wkwkwkwkwkwkwkwk..
    abis nyetrika langsung nyate… :lol: :lol:

    Salam KBM

  17. Raffaell says:

    Setrika ginian masih biasa aku liat, karna waktu kecil aku tinggal di daerah yang tradisional banget, setrika gini dah keliatan setiap harinya di isi ama batok kelapa.

  18. kenangamu says:

    itu strikaan emang jagoan banget,
    5 menit dijamin selesai gosokan sebakul..
    dijamin juga langsung berotot karena beratnya..

  19. zenteguh says:

    beratnya bener2 bikin tangan pegel..gimana nggak berat?nyetrika sambil ada ayam jagonya..:D

  20. hilman says:

    Kalo dipake buat nyetrika muka, kira-kira bisa rapih ngga ya…?? :P

    Salam kenal

  21. Alimah says:

    great!!!mengingatkanku pada masa dimana berada di tengah-tengah peraturan pondok psantren yang melarang menggunakan setrika listrik or tv, pokoknya yang berbau listrik. so, klo nyetrika, mendadak harus membeli abu bakar dulu di pasar samping pondok.

  22. Alimah says:

    ups, sorry. perkenalkan aku dari http//menjadikosong.wordpress.com

  23. adipati kademangan says:

    dulu ibu saya memberi trik menggunakan setrika ini. Kalo pengen setrikanya tetep panas, mengayun setrikanya harus cepat biar ada udara yang masuk, arang tetap membara. Tangan harus aktif bergerak mengayun jika tiak mau arangnya “tidur”

  24. upik says:

    wah jadi ingat zaman penjajahan dulu..

    kekekekeke..

  25. Hamster Copo says:

    Aku pernah pakek setrika yang sejenis tapi bukan milik aku,,aku pinjem milik tetangga aku..jadi tiap hari senin (mau berangkat sekolah) aku harus pinjem dulu tuuh setrika yang aneh tapi bermanfaat hehehe

    Namanya juga jadul jadi enggak bisa dibilang praktis juga karena barangnya emang kayak gitu,,aku sering kali dimarahi karena baju putih aku sering kali kena abunya jadi kotor deeh bahkan baju aku bolong karena apinya,,jadi sebel banget

  26. Zulhaq says:

    nyetrika 1 jam, dijamin ngos2an
    berat bgt euy he he he he…

    pagi sekar, smeoga selalu dalam lindungannya amien…

  27. Aditya says:

    Hahaha bener… ibuku dulu pernah pake setrika ini kalau listrik lagi mati… daun pisang itu wajib hukumnya buat setrika ini :D

  28. Harry says:

    Inget jaman sd dulu … sebelum ada listrik masih pake setrika jago….
    nyetrikanya sich gak perlu pake tenaga baju bisa langsung licin….tp ngangkat setrikanya itu yg harus pake tenaga karena cukup berat….

    Untuk mengoperasikan setrikanya perlu adanya arang yang harus dibakar dulu (tentu jgn deket dgn bajunya) dibiarin ampe apinya nya (seperti tukang sate) baru dipake….

    kemungkinan dipasar2 trasional masih ada yang jual….

    Klo rajin bisa buat bakar jagung juga loooo :)

  29. rahmat says:

    saya punya hub 022 6868379 rahmat

  30. rahmat says:

    saya punya,boleh di beli harganya nego aja? fb saya wida085@yahoo.co.id

Leave a Reply

