Komik-komik Jaman Doeloe

sibutadariguahantumisterdiborobudur_6222Komik karya Ganis Th ini mengisahkan Barda Mandrawata yang terpaksa membutakan matanya untuk dapat menguasai ilmu membedakan suara. Semua ini tujuannya agar dapat mengalahkan Si Mata Malaikat yang telah membunuh ayahnya, pimpinan perguruan Elang Putih, yang bernama Paksi Sakti Indrawatara.

Dendam itu bukan hanya semata-mata untuk kematian ayahnya, namun sekaligus untuk membalas kematian saudara-saudara perguruannya, penduduk desa, bahkan Marni Dewiyanti kekasihnya. Yang semua itu di badatai oleh orang yang sama yang bergelar Si Mata Malaikat.

Ini adalah kisah awal bagaimana kisah lahirnya seorang pendekar buta pilih tanding yang kemudian di kenal dengan julukan Si Buta Dari Goa Hantu

Comic_Cover_Panji_Tengkorak__by_jaladaraKomik yang dilahirkan tahun 1970 ini berjudul Panji Tengkorak. Inilah sosok yang menjadi bagian dari kehidupan remaja di akhir 1960-an. Dan tak pelak lagi, nama penciptanya pun menjadi identik dengan era tersebut, dialah Hans Jaladara.

Hans adalah salah satu dari 7 “pendekar” komik Indonesia di masanya, selain Jan Mintaraga, Ganes Th, Sim, Zaldy, Djair, dan Teguh Santosa. Dari 7 pendekar itu, hanya Hans dan Djair yang masih bertahan. Selebihnya, telah tunduk di depan maut.

Panji Tengkorak yang terdiri dari 5 jilid, boleh dikatakan karya masterpiece Hans. Meski karya lain, Walet Merah, Si Rase Terbang juga meraih popularitas. Setelah Si Buta dari Goa Hantu karya Ganes Th, hanya karya Hans itulah yang mampu menyamainya, difilmkan, bahkan sampai mengundang aktris Taiwan Shan Kuang Ling Fung sebagai Dewi Bunga.

baratayudaKomik Mahabharata dan Bharatayudha ini adalah versi “Indonesia”, karya pengarang legendaris R.A. Kosasih. Pertama kali diterbitkan sekitar 40 tahun yang lalu, buku ini langsung memikat pembacanya yang terdiri dari berbagai kalangan. Kini, setelah melewati hampir 2 generasi, Komik Wayang R.A. Kosasih ini diterbitkan kembali dalam versi gambar aslinya.

Kosasih menggambarkannya sangat detil, dengan percakapan yang sangat informatif. Bagi yang tidak paham dengan cerita Mahabharata dengan membaca komik karya Kosasih ini pembaca akan dapat memahami alur ceritanya.

 

Gundala-Putera PetirKomik yang dibuat oleh Hasmi ini menceritakan seorang Super Hero bernama Gundala. Karya Gundala pertama kali diterbitkan pada tahun 1969 dengan judul Gundala Putra Petir. Di mana dikisahkan awal mula seorang ilmuwan bernama Sancaka yang sedang bereksperimen menciptakan anti petir.
Tetapi karena terlalu sibuk dengan eksperimennya, kekasihnya Minarti memutuskan tali asmara mereka. Sancaka berlari dalam hujan deras karena pedih hatinya. Malang nasib Sancaka, karena petir menyambarnya hingga koma.
Tetapi Kaisar Kronz yang berasal dari planet lain menarik Sancaka ke planetnya dan menyembuhkan serta kemudian mengangkat Sancaka menjadi anaknya. Kaisar Kronz juga memberikan dua kekuatan super yaitu kemampuan berlari secepat kilat dan bisa mengeluarkan sinar petir dari tangannya.

Namun karena Sancaka tidak mau jika orang mengetahui dia memiliki kemampuan super, maka dia mengenakan kostum superhero yaitu pakaian super ketat berwarna hitam dan menutupi kepala, sarung tangan dan sepatu boot berwarna merah, ikat pinggang berwarna kuning dan bulu seperti sayap merpati putih di samping telinganya
Dia bertempat tinggal dengan orang tuanya di Yogyakarta sampai akhirnya ketika sudah menikah dengan Sedhah Esti Wulan (Merpati), Sancaka membeli tanah dan membangun rumah di Jalan Mawar.

Masakecildulu, untuk mendapatkan komik-komik tersebut bisa dengan mendatangi tempat persewaan komik/buku.

Referensi dan gambar-gambar diunduh di sini, di sini, di sini dan di sini

About these ads

51 comments on “Komik-komik Jaman Doeloe

  1. abrus says:

    Komik si Buta dari Gua Hantu…sempat diangkat ke layar lebar…
    Bintang laga di perankan oleh Ratno Timoer…sampai2 sang bintang…identik dgn Si Buta dari Gua Hantu… ;D

  2. kupatahu28 says:

    Ga ada satu pun komik di atas yg pernah gw baca…, klo dulu gw bacanya kung fu boy, doraemon, conan, sama komik tentang billiard (lupa namanya)…

    • Eckoy says:

      nama komiknya BREAK SHOT jagoan billiarnya bernama Chinmi. Ente agak mudaan umurnya makanya ga tau komik2 diatas…

  3. Hariez says:

    aku malah ga pernah baca komik zaman kecil dulu..an itupun baru sekarang ngeh ternyata masa kecilku ada juga komik karya anak bangsa..bodohnya aku :mrgreen:

    -salam- ^_^

  4. dafhy says:

    keinget film gundala waktu kecli mbak :-)

  5. alamendah says:

    gundala itu kan komik gue yang loe pinjam dulu…
    ayo balikin!

  6. bibit m says:

    Emang Galuh dah lahir saat booming komik2 itu? Galuh kan taunya si-Buta gurunya Kangen Band … yg sering muncul di video klip … he3

  7. zfly says:

    Ada satu lagi tuw. Serial Kho Ping Hoo. Waduww… itu serialnya berjibun2 n bhkan sampe dirental jg.

  8. dedekusn says:

    Jadi ingat masa laluku…
    Tak pernah baca komik :(

  9. agoesman120 says:

    Si Buta dari Gua Hantu… itu salah satu komik ngetop jaman doeloe and sempat di filmkan juga sinetronkan…
    Ada lagi Komik Kho Ping Ho… dllll

  10. andipeace says:

    saya nggak begitu suka komik,tapi lebih suka filmnya langsung…
    jadi saya nggak ngerti tentang komik soalnya dari duluh nggak pernah baca komik.

    salam kenal

  11. AeArc says:

    hihi… aku aja baru sekali baca komik seumur idup.. :P

  12. zulhaq says:

    komiknya masih ada yang di simpan nggak?
    pinjem dunk, kan masa kecil gw kurang bahagia ha ha ha

  13. Mus says:

    Mantep! Bisa mengulas komik sibuta sampai gundala, kalo aku dulu suka baca komik donal bebek, kalo sekarang masih suka komik CONAN.

    • sekartaji says:

      @abrus : ratno timoer di layar lebar..di tipi dulu jg ada, bintangnya bukan ratno timoer, dia komplain kok bukan dia yg jadi peran utamanya
      @kupatahu28 : pergilah ke gramedia, bang
      @hariez : pdhl di koran2 sering dimuat loh
      @dafhy : bintangnya pelawak jadoel kan?
      @alamendah : komiknya udah ilang tuh..
      @bibit m : komik itu skrg bisa didapat di gramed om
      @dedekusn: kasihan
      @agoesman120 : kho ping ho bukan berupa komik bang
      @andipeace : baca buku pelajaran terus ya?
      @AeArc : ohya?
      @zulhaq : dikirim ke mane nih?
      @mus : dng membaca referensi mas

  14. chekape says:

    komik jaman dulu . ya petruk ma gareng tuhh yg sering gw baca,,

  15. hanif says:

    Sama dengan cheakape, komik dulu bacanya petruk ma gareng. Biasanya isinya horor hantu pocong

  16. Daniel says:

    kok saya gak pernah baca yah?
    biasanya tuh kalau ceritera zaman dulu yang sering saya baca ceritera rakyat, kisahnya lebih menarik..

  17. Hamster Copo says:

    Kalo aku siih cuma inget cerita ‘sibuta dari gua hantu’ tapi enggak tau versi komiknya cuma cerita turun temurun dari mbah buyut sampai kecucunya yang paling manis ini *PeDe banget* hehee

  18. gwgw says:

    sist…gwgw kalo download di mana ?
    gwgw dulu suka baca buku api dibukit menoreh…
    tapi sekrang dah hilang semua tuh….
    kasih gwgw linknya ya ? trus gratis kan ?
    he..he..he..*selalu maunya gwgw…*

  19. Waaa..
    Ada gundala putera petir neh..
    Hehehe..
    Komikus Indonesia sebenarnya bisa bersaing koq..
    Hanya para produser komik aja..
    Yg malas kluarin duit bwt nerbitin..
    Komik Indonesia..
    Contohnya aja..
    Komik Carok yg booming itu..
    Tapi langsung tamat..
    Gara2 sang komikus nerbitin pake dana sendiri..
    Alias indie.. :D

  20. morishige says:

    gile. jadul2 amat komiknya, mbak. yang saya pernah denger paling cuma Gundala Anak Petir. itu pun gara-gara nonton filmnya di televisi tahun 1990an dulu..

  21. zulhaq says:

    dikirim ke alamat gw dunk
    perlu di tulisin no HP??? kekekekkk

  22. Ferry Prima says:

    wah sumpah.. jadoel abess !!!!!!! keren2

  23. Ndre says:

    apa banget keliatannya???
    blog ini bener2 konsisten Bu.. keep blogging.

    Lagu Cacian Buat D’Masiv sang Plagiat disini.

  24. alamendah says:

    maaf,

    nitip pesen buat semuanya; ikutan vote di sini: Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia Jangan sampai kita kehilangan ‘Borobudur’ lagi!

    Kan belon sempet dibikin komiknya (he.. he..)

  25. bsekar says:

    @hanif : barusan browsing ketemu sih komik petrukgareng
    @daniel : komik di atas mmg punya angkatan babe2 kita
    @hamster : msh nyimpan dong?
    @budi hermanto : benar mas
    @morishige : di TPI ya?
    @zulhaq : kekekek jg ah… :)
    @ferry prima : sumpeh deh.. :-D
    @ndre : mudah2n sll konsisten
    @alamendah : oke…

  26. zenteguh says:

    wah gila memoriku langsung ke tempat persewaan deket rumah nih. Gilaa…bener2 pernah kecil ya aku kakkakaka

  27. yusupman says:

    Komik petruk dulu aku fav bnget,..seru dan bikin ngakak-ngikik..

  28. Rigih says:

    cuma pernah baca petruk gareng
    sebenarnya komikus indo ga kalah ma mangaka japan ya
    mungkin cm kalah pamor ja
    secara orang2 indo kan biasanya luar negeri minded

  29. nadya says:

    waduh belum pernah baca smua hehehe *mringis malu* kayaknya pas saya masi kecil tu baca komik doraemon n kobo chan, putri kaguya ahhhahaha (yang pendek2 gitu dech :-P )

  30. Saya punya tulisan tentang komik. Hasil penelitian lho. Memang, dulu pernah juga nyandu baca komik. Banyak komik yang ceritanya bagus. Bahkan jika dilihat dari pola penceritaan, para pekomik Indonesia zaman dulu (tahun 70-an) banyak yang memiliki cara penceritaan yang hebat. Bukan hanya ceritanya, tapi juga cara menggambarkan situasi dan lingkungan tokohnya. Gaya penempatan frame per frame gambar pun mereka kuasai secara baik.

    Boleh juga mengunjungi blog saya: http://rupasenirupa.blogspot.com

    Terima kasih

  31. Achmad Fauzi says:

    Wah jadi teringat masa kuecil. Itu semua memang komik kegemaranku. Salam kenal dari Surabaya.

  32. piethul says:

    hmm….. jadi bernostalgia ne ma superhero indonesia….
    gundala, godam, pangeran mlaar, maza, kalong, darna…. ayo angkat lg superhero indonesia…..

  33. titoforza says:

    ha,,,ha… jaman dulu ada komik yang buat bacanya musti ngumpet2 karangan Budiyanto & Budiayin , ciri khasnya rambut sasak en dadanya super muontok ….

  34. bee says:

    wahhh dimana yaa dapetin komik2 jadul ky gini? seneng bgt gw nostalgia2 gini.. tp wkt jaman gw kecil (pas masih tk) tu jaman2nya komik 100 perak-an yg dijual di gerobak2 maenan gitu.. kebanyakan komik neraka2 yg gambarnya serem2

  35. Abdul Muiz says:

    Wah, komik jadulnya masih ada ini… )

  36. Dadang koswara says:

    Saya generasi dulu, sudah usia pensiun, dulu sejak tahun 1965 sampai tahun 1974 saya pernah buka Taman Bacaan di Bandung , yang disewakan ya komik 2 itu dengan pengarangnya : RA Kosasih, Ardisoma, Urip, Yan Mintaraga, Ganes th, Zaldi, Hans Jaladaraa, Teguh Santosa, Jair Warni, dll
    Mudah2an koleksi komok2nya selalu ada sebagai bukti karya anak bangsa, karena itu tokoh dan ceritanya asli kreasi bangsa Indonesia

  37. lamsijan says:

    sekartaji cantik deh kamu

  38. odexsjam says:

    sedikit koreksi mengenai komik Bharatayuda yang disebut ‘pertama kali diterbitkan 40 tahun lalu’ ; sebenarnya sudah ada / terbit sejak tahun 50′an…berarti kurang lebih 60 tahunan lalu (karangan sama: RA Kosasih)

    komik komik 60an banyak diwarnai karang Yan Mintaraga, Ganes th, Zaldi, Hans Jaladaraa, Teguh Santosa, Jair Warni, dll seperti yg dibilang Dadang Koswara, dengan thema ceritanya berkisar di kisah kasih anak muda meski ada kisah lainnya.

  39. opik says:

    tak ada salahnya jika kita mencoba mengenal karya anak bangsa masa lalu, ga cuma doraemon,dragon ball etc..dan mungkin kita akan terinspirasi melalui karya2 mereka..

  40. eengsu says:

    Sekarang komik-komik tsb udah dicetak ulang, tapi sayang ditoko buku banyak ditempatkan dirak paling bawah, di tempat bacaan anak-anak, atau ditempatkan dirak yang kurang terlihat, sehingga komik2 ini kurang dikenal

  41. ria says:

    kangen komik komik jadul yang indonesia maupun jepang.. macam candy candy..popcorn…marychan… tau yang tanya..n ninda… infonya dunk…:(

  42. hwoarang says:

    komik2 jadul banyak yang bagus dan yakin banget ada kesan tersendiri bagi pembacanya beda dengan sekarang yang ada hanya komik manga buatan jepang yang lagi booming. duh……sayang banget padahal jika disejajarkan komik buatan anak bangsa lebih berbobot lho….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s