Awas, Si Komo Mau Lewat!

sikomo

Gambar diunduh di sini

“Macet lagi.. macet lagi.. gara-gara si Komo lewat…”

Itu penggalan lagu Si Komo karya Kak Seto Mulyadi. Pada tahun 1990-an lalu, anak-anak Indonesia mempunyai acara yang sangat menarik produk asli nusantara : Si Komo, boneka komodo yang lucu. Si Komo adalah sebuah tayangan hiburan TV yang diasuh oleh Kak Seto, berupa sandiwara boneka, yang disiarkan TPI. Dalam ceritanya, Komo ditemani oleh tokoh lain seperti, Belu (bebek lucu), Dompu (domba putih), Piko (sapi …. ), serta Ulil (ulat kecil).

Si Komo menceritakan kehidupan sehari-hari yang sering dialami oleh anak-anak, dengan tokoh antagonis si Ulil. Kak Seto akan memasukkan unsur edukasi, pesan moral dan etika di dalam setiap pementasan si Komo. Di masakecildulu, saya termasuk salah satu anak yang menantikan tayangan si Komo tersebut, bahkan merengek-rengek kepada ayah saya supaya membelikan boneka si Komo.

Menurut Kak Seto yang membidani lahirnya Si Komo, pembuatan cerita boneka dianggap lebih mahal dibandingkan film-film kartun import. Tak heran, jika belakangan layar kaca kita memang lebih marak dengan film-film dari luar yang seringkali kurang sesuai dengan budaya asli Indonesia. Belum lagi dengan maraknya sinetron yang terkadang hanya menebar mimpi dan kurang mendidik. Padahal, tak hanya tayangan boneka Si Komo saja yang pernah menyajikan hiburan sekaligus mendidik anak-anak. Drs Suyadi dengan boneka Unyil, dan kawan-kawan, Gatot Soenjoto dengan boneka Tongki-nya juga pernah begitu berjaya. Dengan menggunakan seni bicara lewat perut, Gatot dan Tongki menjalin komunikasi dan mampu menyampaikan pesan-pesan, seperti jangan lupa cuci tangan atau jangan mengompol dan sebagainya. Demikian halnya dengan Ria Enes dengan boneka Suzan-nya. Dengan karakter yang pemberani, centil, ceriwis dan khas anak-anak, boneka Suzan bersama Kak Ria menjadi idola anak-anak di tahun 90-an. Ria menjadikan Suzan sebagai teman untuk berdialog dan berkomunikasi dengan anak-anak.

About these ads

34 comments on “Awas, Si Komo Mau Lewat!

  1. zfly says:

    macet lagi macet lagi… gara-gara si Sekar lewat :D

    hehe… itu film komo dah lama. Tapi yang lebih jadul film boneka si Unyil lho. Mungkin jaman dulu masuk Box-Office kalee. Karna gak ada film anak2 yg laen.

    • Den Mas says:

      wah, betul mas. Sekarang tokoh2 itu (selain si unyil) pada kemana yah? sayang pada hilang ditelan oleh kartun2 dari luar. Saya jadi kepikiran untuk membuat regulasi penyiaran kandungan lokal. jadi penyiaran yang impor dibatasi biar industri lokal juga bisa berkembang :)

  2. zulhaq says:

    keduaaaxxxxx
    si komo, keingat jaman gw masih manis bgt
    nyanyiin lagu si komo..

  3. zulhaq says:

    ketigaaxxxxxx
    kok lirik lagunya nggak lengakap siy

  4. zulhaq says:

    keempatxxxxxxx
    sekalian lagunya susan sama mbak ria yah…

  5. zulhaq says:

    kelimaxxxxx
    mau dunk di nyanyiin buat gw he he he

  6. hanif says:

    Melirik 4 komentar diatas…hufh…maafin zulhaq ya…obatnya habis sih
    Tontonan bagi anak2 emang sangat kurang sekarang, apalagi nyanyian…sekarang anak2 TK-SMP malah pinter nyanyi D’Masif, Ungu tapi nyanyiin lagu nasionalisme yang wajib g bisa…ironis

  7. bibit m says:

    Nulis komentar aja 4 deret …. nenk Galuh, berarti boleh donk ini Om tulis 10 deret, tayangan yg baik buat anak2 :
    Deret 1 : si-Bolang
    Deret 2 : Laptop si-Unyil
    Deret 3 : Cita-citaku
    Deret 4 : Surat dari Sahabat
    Deret 5 : Jalan Sesama
    Deret 6 : Dunia Air
    Deret 7 : Asal Usul
    Deret 8 : Mancing Mania
    Deret 9 : Petualangan Bahari
    Deret 10 : Petualangan nenk Galuh ….
    jd “17 Responses” to?

  8. Iya benar sekali, sekarang ini telefisi banyak yang diisi dengan sinetron saya yang tidak mendidik baik, tapi malah mendidik buruk, dan banyak juga akibat buruk dari itu semua terhadap remaja-remaja sekarang ini.
    memang acara-acara seperti itu perlu buat mendidik anak-anak indonesia yang belum terpengaruh!
    Stop
    Dreaming Start Action

  9. sugiman says:

    Saya seneng lagunya mbak Ria Enes sama susan (pernah beli kasetnya tapi sekarang entah kemana)…lucu pokoke..

    Ketika baru kerja di SBY, aku pernah maen ke rumah dan sanggar mbak Ria enes.

  10. teadonk says:

    pantesan jakarta macet trus ya si komo lewat mulu he…he…

  11. Sakurata says:

    Komeng lagi..komeng lagi…
    Gara-gara si Komo posting :D

    *ngaciiir*

  12. abrus says:

    si-komo…lewat…hahaha…hayalpun…melanglang…masakecildulu…indahnya… ;)

    apa iya *busway…jelmaan…*si komo..?
    lihat aaja…busway…lewat lanacar…kendaraan lain cet-macet..

    (lagi2 posting nuansa jadul…masakecildulu… :D

  13. zulhaq says:

    Selamat malam sekar….semoga selalu dalam lindungan-NYA

    • bsekar says:

      @psgiklangratis : apalagi sinetron inayah ya mas
      @sugiman : ame susan cantikan siapa ya
      @teadonk : komo nggak ada capeknye
      @sakurata : hiks, sy disamakan dng komo
      @abrus : blog ini mmg menyajikan masakecildulu mas
      @zulhaq : slmt malam bang… smg abang sehat selalu

  14. yangputri says:

    Hehehe komo lagi… komo lagi :-D

  15. muamdisini says:

    betul katanya mas hanif…masa acara idola cilik lagu2 yang dinyanyikan oleh anak-anak itu bukan lagu anak2…

    mau dibawa kemana masa depan bangsa kalo masih anak2 sudah dikenalkan dengan cinta-cintaan…haduh…
    oh, iya…si komo itu di TPI ya? saya gak inget channelnya tuh..saya kira RCTI soalnya kan RCTI itu TV swasta paling lama yah…
    :P..mohon koreksi kalo ada yang salah…
    thnx..

  16. Hamster Copo says:

    Pantesan aku enggak tau..lah wong taon 90 aku maah baru lahir hehe..yang aku tau waktu masih kecil itu boneka suzana entah siapa yang menjalankannya karena waktu itu aku masih imut-imutnya

  17. KangBoed says:

    lemot lagi.. lemooootttt lagi.. gara gara si komo lewaaaaatttt
    Salam Sayang

  18. riffrizz says:

    sikomo tuh tayangnya waktu aku masih imut imut gitu !
    jadi inget sikomo !
    jadi pengen kecil lagi !

  19. kawanlama95 says:

    kak seto memang sangat Inspiratif namun kalau udah ngomong duit maka memang sulit jadi memang harus cari peyandang dana yang sama punya minat. oke

  20. alamendah says:

    dulu jadi favorite banget tuh!.

  21. WANDI thok says:

    Pokoke nek gelem mlebu neng mae mbak Sekartaji bakal iso ngelamun jaman mbiyen.
    ==========================================
    Oh, si Komo, sekarang kamu di mana nak? :roll: :D

  22. adipati kademangan says:

    Unyil, usrok, ucrit, pak raden, pak ogah, ableh, kemana mereka sekarang ?

    • bsekar says:

      @yangputri : teman2 komo mana yang?
      @muamdisini : di tpi kok mas
      @hamster copo : imut kayak hamster
      @kangboed : lho, komo lwt jalur internet ya
      @riffrizz : eh, yg ini imut jg
      @kawanlama95 : lagi2 perlu duit
      @alamendah : sekarang favoritnya berubah ya bang
      @wandithok : loh..saya ngajak ngelamun terus po piye?
      @adipatikademangan : unyil lg main laptop di trans7 tuh om

  23. jadi ingat waktu anak pertama saya masih di TK B, kalau kita pergi dan macet dijalan, dia pasti tanya: ”si komo lagi lewat ya bunda di depan ?
    he……he………saya mengiyakan, krn itu jawaban paling mudah :) :) :)
    salam.

  24. zenteguh says:

    ikut merindukan si komo (and unyil). Sekarang dunia sudah dijejali kartun jepang, bikin mumet ndase aj

    • brilian sekartaji says:

      @bunda : bener bun, itu jawaban mama ketika sy tanya knp macet
      @zenteguh : mumet om? minum puyer bintang7 :)

  25. pakacil says:

    Unyil, saya rindu unyil …
    Sempat gembira waktu mendengar kabar salah satu stasiun tv bakal menyiarkan unyil lagi, tapi ternyata konsepnya jauh berbeda , bukan unyil yang saya bayangkan seperti dulu :(

  26. lekong says:

    HAALLLLLOOOOOOO………

  27. masa sekarang butuh tayangan seperti si komo lg di tivi untuk mendidik anak2 penerus bangsa kita, karena yg di tayangkan di tivi sekarang cinta-cintaan melulu…….

  28. rizkjey says:

    setuju, tayangan sekarang banyak mengandung unsur kurang baik buat generasi muda… seperti yks (acara tidak jelas), sinetron (ilusi kehidupan mewah), ftv (???)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s