Telepon Kaleng

469369~Tin-Can-and-String-Telephone-Posters

gambar diambil dari sini

Lihatlah sekeliling kita, siapa sih di jaman sekarang yang tidak memegang ponsel? Bahkan seorang tukang ojek atau tukang becak memegang ponsel untuk kebutuhan bisnisnya. Apalagi kalau tidak untuk memperlancar delivery order mereka.

Untuk para pengusaha, punya ponsel hukumnya wajib. Mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai swasta, pegawai negeri, pembantu rumah tangga dan seorang pengangguran pun punya ponsel. Di sekolah, hampir semua murid punya ponsel, dan supaya tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar ada beberapa sekolah yang melarang muridnya membawa ponsel ke sekolah.

Ponsel makin canggih saja saat ini. Tidak hanya untuk menelpon atau mengirim SMS, tapi bisa untuk internet, video call dan masih banyak lagi. Saya tidak akan membicarakan ponsel ini lebih lanjut, ada yang lebih menarik untuk kita kenang, yaitu telepon kaleng.

Waktu SD dulu, di pelajaran IPA ada bahasan mengenai telepon kaleng ini. Telepon ini dibuat dari 2 kaleng (bisa juga dengan gelas plastik bekas kemasan air mineral) yang dihubungkan dengan seutas tali. Cara penggunaannya, satu orang bicara di kaleng 1sedangkan seorang teman lainnya mendengarkan dari kaleng 2. Tali/benang harus dalam keadaan kencang, supaya suara merambat dengan sempurna.

Kadang permainan ini menyebabkan keributan karena gangguan dari teman lain yang tidak sabar ingin mencoba telepon kaleng ini. Selesai percobaan pak guru memberikan pertanyaan untuk didiskusikan di kelas : mengapa pada benang yang dikendorkan, kita tidak dapat mendengar suara? Sedangkan pada benang yang dikencangkan, kita dapat mendengar suara? Pada benang yang kendor tidak ada gelombang suara dari sumber suara, yang dihantarkan melalui  benang ke penerima suara (pendengar). Semakin kencang benang, maka gelombang suara dari sumber suara yang dihantarkan melalui benang ke penerima suara (pendengar) akan semakin jelas.

Hallo, saya Sekar di sini… apakah kalian mendengar suara merduku???

About these ads

46 comments on “Telepon Kaleng

  1. zfly says:

    ya ya ya… saya dengar suara Bu Sekar. Disini Rumah Sakit Bersalin Bu. Tahan sebentar ya., jangan mbrojol dulu… hahaha… :D

    yapp… itu lah tekhnologi. Dunia semakin tak berjarak.

    hemm… no hape nya berapa nih Sekar :mrgreen:

  2. zulhaq says:

    huahahaha, keingat bgt tuh. pokoknya kecanduan deh!!!
    woii woii woiiiii….ada siapa disitu??? ada sekar disitu hi hi hi

  3. hanif says:

    Aku tak mendengarnya…owh..benangnya ternyata putus!!!:D

  4. KangBoed says:

    hallloooooooo.. halloooooooo.. waaaaah.. enda diangkat yaaaaa… eeee… engga di jawab..
    Salam Sayang

  5. Saka says:

    heuuuuu……. say suka pake kaleng bekas susu kental manis nona :oops: trus benangnya ngambil di mesin jahit punya emak :mrgreen:

  6. Saka says:

    itu telepon kaleng….
    ada yg pernah bikin ato terima surat kaleng :?:
    asli OOT :mrgreen:

  7. Hallo, saya Sekar di sini… apakah kalian mendengar suara merduku???

    Maaf sepertinya salah sambung… :D

    Dulu kenapa kita pake nya tali biasa ya? coba dul pake fiber optic pasti suaranya jelas :D

    Mungkin malah bisa dibuat telepon kaleng yang wireless dan bisa SMS juga

    Ide bagus buat tugas akhir nanti *di tonjok dosen pembimbing*

  8. jidat says:

    salam kenal mbak

  9. senoaji says:

    WAKAKKAKAKKAK!!!solusi hebat didaerah miskin sinyal! BWAAKKAKAKAKK!!! *ngakak guling2* oldskull banget

  10. kenangamu says:

    iya hallow saya dengar nieh Sist..
    tapi putus2 sinyalnya ilang…Loh..

    tolong kunjungi blog ini yah
    andiok.wordpress.com

    tx Sist

  11. omiyan says:

    sebuah permainan yang sekarang jarang ditemukan maklum kan dah ada yang modern alias handpone hehehe

  12. uni says:

    yups, suaramu terdengar jelas sahabat, saat jaringanku disini oke tentunya, hehe

  13. kusnenda89 says:

    mn suaranya ych?

    apa talinya putus??????

    lamz knl

  14. edi petruk says:

    terdengar begitu merdu suaramu di sini, tapi udahan dulu entar pulsanya abis,

  15. nadya says:

    yaa dengar … :-)
    ah, jadi inget dulu percobaan telepon kaleng ini pas sd …. nyoba2 trus lama2 omongannya pada norak2, hahaha …. (kangen temen2 sd …)

  16. faza says:

    Hmmm, ya… ya… hallo… hallo…
    sorry, low bat neh kalengku
    ya… ya… ok…
    lam kenal ya
    c u…

  17. Hariez says:

    post mu mengingatkan aku pada waktu SD.. :-D

    -salam- ^_^

  18. irawan says:

    Kok suara sekar gak kedengeran ya….he..he.. kejauhan kali ya….maklum beta masih terdampar di ambon manise

  19. zulhaq says:

    btw, telepon kalengnya boleh di pinjam nggak?
    mau pake buat tlf ke arab niy kekekekeeekk

  20. D3pd says:

    hahaha…teringat waktu orang tua ayah kandung saya membelikan HAPE lalu ngga lama saya kecopetan selang satu minggu HAPE baru itu…hiks..hiks….tapi bagus ilmu HAPE kalengnya…..^_^…V

  21. eman says:

    hahhhh….. saya jadi ingat masa kecil sama temen saya….
    telpon kaleng…..
    salam kenal

  22. kupatahu28 says:

    repot juga ya klo gw mau nelpon ke bandung, tali nya harus berapa km???

    kupatahu28 “a time to remember”

  23. Acha says:

    jadi terinspirasi nih…
    di rumah kan banyak kaleng bekas..
    buat telepon kaleng ah…
    itung2 nostalgia…
    _salam anget_

  24. aaahhh kenangan masa kecil itu memang indah ya.
    walaupun mau pake telepon kalengnya harus rebutan.
    tapi seneng, bener2 deh bahagia.
    walaupun biasanya yg paling kecil dpt giliran selalu belakangan ha….ha…..
    salam.

  25. Infopemula says:

    Betul….saya juga dulu sering main kalau ga salah pakai kaleng bekas susu kental manis :D
    Salam kenal…post yang menarik – Makasih

  26. muizz says:

    Y y saya masih ingat waktu kecil dulu main telepon2n pake kaleng kea gini. ..

    menarik bgt tlisan2x

  27. Den Mas says:

    glek!!!
    njeglek saya liat ini hehehe…
    dulu ada mitos, jangan menggunakan benang sambungan. masuk akal seh, karena menjadi terhambat frekuensinya karena kepadatan benangnya berbeda. tapi dulu itu hanya mitos saja lho, taunya benar :D

  28. Rossa says:

    cara pembuatannya bagaimana ?

  29. riandi says:

    hem….salam knal smua :)
    itu bisanya pake benang apa..
    itu dibolonginnnya cm satu ya,,
    yang ada ditengah itu ?.,.

  30. Maharudin says:

    Woi berisik, lo klo ngomong satu2 lah…
    benang nya takut putus, ntar emak gw ga bisa ngejahit lagi
    benang nya putus melulu… hikhikhkhikhik
    sayang itu semua udah lewat,,,

  31. Saya jadi inget masa kecil ^_^ jadi pengen balik lagi..

  32. jemblung says:

    ya enak gede biar seenaknya sendiri

  33. jemblung says:

    mau tung tung apa pem pem? haa? ayo pilih!

  34. jemblung says:

    ooeeoo si entong hei kotor hatinya!tak pernah baik hatinya kayak memet

  35. Rezki Perdana says:

    mengapa talinya hrus dlam keadaan kencang???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s