Celengan Ayam

 celengan ayam

gambar diambil dari sini

Salah satu kebiasaan yang harus ditanamkan sejak kecil adalah menabung. Tidak semua orang sadar betapa pentingnya menabung. Ada berbagai macam tujuan menabung, untuk masa depan, sebagai persediaan, atau untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu membutuhkan dana yang cepat.

Di waktu kecil dulu, ayah membelikan saya celengan dari tanah liat yang berbentuk ayam. Dengan uang receh sisa bekal sekolah, saya masukkan ke celengan ayam saya. Meskipun saat itu sudah ngetrend celengan dari kaleng (dengan berbagai macam hiasan yang indah), tetapi saya memilih celengan ayam. Modelnya unik, dan sensasi saat memecahkan celengan itu yang mahal harganya.

Kalau lebaran, kakek dan nenek suka memberi uang “fitrah”. Uang ini pun jatah masuk celengan ayam saya. Kalau sudah penuh, saya pecahkan celengan itu lalu mengumpulkan uang yang tercecer. Menghitung koin demi koin merupakn keasyikan tersendiri.

Kini, saya tidak punya celengan ayam lagi. Sejak ayah saya mengenalkan bank, tabungan saya sekarang tersimpan di sana. Tetapi karena dilengkapi dengan kartu ATM, secara sadar atau tidak, tabungan saya selalu berkurang jumlahnya.

Kalian masih punya celengan ayam?

39 comments on “Celengan Ayam

  1. dedisuparman says:

    Waw……………waw………..
    Aku jadi sedih teringat masa kecil dulu suka nabung di Celengan Ayam…………….Ha………….ha…………..ha

  2. anny says:

    Hi..hi…sama nih suka celengan ayam :D

  3. kenangamu says:

    masa kecil aku nggak pernah punya celengan tuh Sist..
    mpe skarnag dh nggak pernah bisa nabung..

    hehehe
    salam knal

  4. attayaya says:

    ga punya yang ayam
    cuma punya yang kalengan ma beruang
    isinya koinan semua

  5. chekape says:

    coz rmh gw dulu pake bilik bambu, gw dulu buat celengan di ruas-ruas atau pasak bambu gw bolongin, he.. :)
    ndeso bgt ye,,

  6. cahjoker says:

    emang seru kalu ingat masa kecil apa lagi punya celengan ayam…,

  7. morishige says:

    dulu saya punya 2 celengan. satu celengan ayam, satu celengan bank BPD warna oranye. :D

  8. djayarus says:

    rajin menabung…pangkal kaya…
    (tabunganku … ada gak ya…)

  9. yangputri says:

    Dl wktu aku kecil celengannya bukan ayam tapi singa… trus duitnya jg kebanyakan receh cepe’an :-D

  10. Di kampung saia masih namyak orang jualan celengan yang terbuat dari tanah liat… macam2 jenis nya. ada yg bentuk ayam, kucing bentuk buah2 an juga ada…
    Hayo pilih yg mana… murah kok… *promo mode on

  11. teadonk says:

    waduh mengenalmasa lalu banget ni belisi beli celengan nya tapi ga pernah ada isinya jadi bingung akhirnya jadi pajangan

  12. zfly says:

    Celengen ayam wkt kecil punya. Lalu celengan yg model manggis, sama, dr tanah liat. Sayang skrg tinggal yg manggis. Buat pajangan aja, krna bawahnya jebol, hihii…

  13. ariosaja says:

    waduh udah ga punya.. terakhir punya celengan semacam itu dari plastik waktu SMP… SMA aja udah pake tabungan BCA

  14. alamendah says:

    Jadi teringat masa kecil doeloe. Tapi di bagian bawahnya gua lubangin, n gue tambal pakai kertas karton. so, kalo pengen ngambil tinggal buka kertas kartonnya. Akibatnya, tuh ayam gak pernah berat2.

  15. bsekar says:

    @ dedisuparman : alamat blognya mana, mas?
    @ anny : skrg msh ada nggak?
    @ kenangamu : met kenal jg sist, sy sdh kunjungan balik loh
    @ attayaya : awas, beruangnya nyakar ayam
    @ chekape : kaya’ punya mbak kung sy tuh
    @ cahjoker : skrg ada rekening bank kan?
    @ morishige : BPD mana tuh?
    @ djayarus : apa ga punya avatar?
    @ yangputri : singa muatnya banyak dong
    @ wahyu ¢ wasaka : tinggalnya di kasongan ya
    @ teadonk : mengingat yg indah2
    @ zfly : buat sarang kecoa tuh
    @ ariosaja : mau komeng di blogmu, IE saya ditolak mulu
    @ alamendah : ayamnya bertelur terus dong

  16. nadya says:

    hehe … udah ga punya, tapi sampe sekarang masih punya dompet receh, sekalian nabung juga lah … :-)

  17. Wah….nais Post…

    Untung kebiasaan sya menabung dari kecil masih terbawa sampai sekarang..

    Tapi dengan mEngikuti Fasilitas yang ada sekarang….

    Heu..hue…Jadi uAng cadangan iTu selalu ada..
    :D

  18. antokoe™ says:

    tapi celenganku gak pernah awet (isinya)…

  19. zulhaq says:

    kok tetangga gw pake celengan babi yah
    kekekekekekkk

  20. zfly says:

    komeng lagi nih bro…

    Kenapa gak ada celengan bentuk ular ya? Apa susah bikinnya atau susah ngoreknya? hehehe… jawab yaa :D

  21. sendit says:

    klo di rumah saya punya celengan donald bebek….dari kecil itu jadi celengan keluarga….soalnya siapa aja boleh nabung di celengan ntu…he3….

    http://pramuditaaulia.web.id

  22. Ndre says:

    Kini, saya tidak punya celengan ayam lagi. Sejak ayah saya mengenalkan bank, tabungan saya sekarang tersimpan di sana. Tetapi karena dilengkapi dengan kartu ATM, secara sadar atau tidak, tabungan saya selalu berkurang jumlahnya.

    hehehehe….

    Kalian masih punya celengan ayam?

    Bukan celengan ayam sie.. bukan dari tanah liat juga, tapi dari plastik. Buat nyimpen recehan. Ya tapi cuma recehan aja.., kalo mau yang kertas2 dan berwarna githu.. mau dimasukin, berat hati jeck.

  23. habibie reza says:

    Saya celengan semar.. isinya recehan semua, kalau pas ngga punya duit di-’kluthiki’ (di-ocok2 sambil di-korek2 pakai lidi) biar duitnya keluar, haha. :D

  24. Artha says:

    saya tidak punya lagi; tapi sepertinya anak saya akan memiliki peliharaan ayam juga :D

  25. achoey says:

    waktu kecil di kampung dulu
    saya pake celengan dari bambu

    sekarang pun tabungan saya di bank gak berkurang kok :)

  26. celengan saya dulu bentuknya kucing.
    warna putih campur coklat.
    wah kucingnya lucu dan keren.
    boleh sekalian tukeran link ya mbak.
    salam.

  27. rco says:

    dulu, gak punya celengan, kalau pingin nabung – buat lubang pada tiang rumah yang terbuat dari bambu…..

  28. edi petruk says:

    waduh, lha wong waktu kecil sangune pas-pasan dan seneng njajan jadi ya nggak pernah nabung, tapi menabung memang perlu untuk anak-anak kita kelak.

  29. senoaji says:

    belum pernah pake ciyelengan yang begonoan, suka mancing rusuh, wkwkwkkwkwkwk

  30. Sampe sekarang juga diriku masih punya celengan loh.. benrean celengan bukan di bank

    Soal nya setiap pulang di kantong celana pasti ada uang logam, niat nya sie cma di geletekin aja tapi kok lama2 banyak banget

    Akhirnya dibeliin celengan aja lah, biar ada tempatnya. kan ngak mungkin klo mo d kasih ke bank
    :)

  31. bsekar says:

    @ nadya, Dian Nurdiana, antokoe™, zulhaq, zfly, sendit, ndre, habibie reza, artha, achoey, bundadontworry, rco, edi petruk, senoaji, aNGga Labyrinth™ : terima kasih komentarnya. jangan lupa untuk sll menabung!!

  32. Intan says:

    waw……………….waw……………
    udah ketemu ya blognya………….ha…ha….ha…..hi.hi..

    http://mp3gratisanbaru.wordpress.com/

  33. Intan says:

    ha….ha….

  34. zulhaq says:

    nggak suka menabung ah, takut kaya he he he

  35. KangBoed says:

    Wah.. celengan saya masuk internet yaaaaa
    Salam Sayang

    • zulhaq says:

      loh, emang kangboed ayam??? bukannya kepiting???
      kekekekek

      *niy yang punya blog sapa siy*…maaf ya sekar he2

      orang sinting memang suka iseng!!!

  36. mas stein says:

    celengan ayam ndak ada, tabungan di bank juga ndak punya :shock:

  37. sheilajrina says:

    pernah punya celengan beruang jaman TK-SD klas 3. Isinya receh smua, trus ditukerin ke warung. Duitnya buat beli sepeda. Duh. .bahagia bgt rasanya :D

Leave a Reply

